Selasa , November 20 2018
Breaking News
Home / Budaya / 45 Kontingen Meriahkan Kirab Budaya

45 Kontingen Meriahkan Kirab Budaya

 
Delegasi dari Kabupaten Kutai Timur unjuk gigi, menyuguhkan tari-tarian dari adat Kenyah.

Delegasi dari Kabupaten Kutai Timur unjuk gigi, menyuguhkan tari-tarian dari adat Kenyah.

KUTAI KARTANEGARA – Sebanyak 45 kontingen dari berbagai kebudayaan, baik dari dalam maupun luar negeri, turut memeriahkan pelaksanaan kirab budaya dalam rangka menyambut Erau Adat Kutai dan International Folk Arts Festival (EIFAF) 2015 di Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (06/06).

45 kontingen itu terdiri dari 11 delegasi mancanegara dan 34 kelompok seni maupun paguyuban masyarakat dari berbagai etnis nusantara yang ada di Kukar ikut serta dalam kegiatan pawai budaya ini. Hanya 2 negara peserta EIFAF 2015 yang tak dapat berpartisipasi pada Kirab Budaya Internasional tadi siang, yakni Polandia dan Mesir.

“Polandia dan Mesir baru tiba pada Sabtu siang, sehingga tidak bisa mengikuti Kirab Budaya Internasional,” kata Kepala Disbudpar Kutai Kartanegara (Kukar), Sri Wahyuni.

Adapun 11 negara yang tampil pada kirab budaya tadi siang adalah Estonia, Jeman, Turki, Italia, Amerika Serikat, Latvia, Slovenia, Korea Selatan, Hongaria, Malaysia dan Rusia.

Sementara, ada belasan ribu warga dari dalam dan luar daerah yang tampak antusias menyaksikan pelaksanaan Kirab Budaya di sepanjang rute yang dilewati. Apalagi saat delegasi mancanegara melintas, tak jarang warga mengajak peserta EIFAF 2015 untuk foto bersama.

Kirab Budaya Internasional dalam rangka menyambut EIFAF 2015 ini digelar mulai pukul 09.00 WITA. Peserta menempuh rute sejauh kurang lebih 1,5 km dari depan Sekretariat Gerbang Raja di Jalan KH Akhmad Muksin menuju Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Mayjen S Parman, melintasi Jembatan Besi, kemudian memasuki halaman Kedaton Kutai Kartanegara dan berakhir di depan Monumen Pancasila.

Saat melintas di hadapan Bupati Kukar Rita Widyasari serta pejabat dan tamu VIP lainnya yang duduk menyaksikan dari teras Kedaton, masing-masing peserta kirab budaya tampil menyuguhkan kesenian mereka. Beberapa di antaranya ada yang memberikan cindera mata kepada Rita Widyasari. []

1,653 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa