Thursday , October 19 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Banjir Gara-Gara Drainase Tertutup Sampah

Banjir Gara-Gara Drainase Tertutup Sampah

 

Banjir Gara-Gara Drainase Tertutup SampahKUTAI BARAT – Bila hujan deras jalan poros dua jalur depan Katolik Center sering terjadi banjir. Ini akibat saluran pembuangan air dari badan jalan yang tidak lancar ke drainase. Mengatasi hal tersebut, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kubar Aminuddin bersama Asisten II dan III memimpin para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) beserta ratusan staf pegawai negeri sipil (PNS) dan tenaga kerja kontrak (TKK) di lingkungan Pemkab Kubar. Guna membersihkan saluran air, drainase dan trotoar pada kegiatan Jumat bersih dan gotong royong yang rutin dilakukan dua kali setiap bulan, Jumat (22/5) kemarin.

Sekkab menuturkan, kegiatan Jumat bersih dan gotong royong merupakan agenda rutin Pemkab Kubar. Oleh sebab itu seluruh staf wajib mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan Jumat bersih adalah dalam rangka mewujudkan moto Kutai Barat Kabupaten Beradat, yang berarti Bersih Asri, Damai, Adil, Aman, dan Tenteram. ”Jika hanya mengungkapkan slogan tanpa kita aplikasikan, tentu hanya sebatas slogan saja. Oleh sebab itu PNS dan TKK harus memberikan contoh terlebih dahulu kepada seluruh masyarakat, yang dimulai dari tingkat Kabupaten,” terang Aminuddin.

Dalam kegiatan bekerja bakti juga dimanfaatkan sebagai bentuk berolahraga. Tidak hanya itu kita juga bisa berinteraksi dan bersosialisasi dengan staf SKPD yang lainnya. Jumat bersih merupakan salah satu upaya untuk mendidik kedisiplinan bagi pegawai di lingkungan Pemkab Kubar, baik dalam mengerjakan tugas kantor dan melayani masyarakat. Serta memberikan contoh dan teladan di tengah masyarakat dengan memelihara lingkungan yang bersih, sehat dimulai dari pekarangan rumah masing-masing. Kemudian ikut berpartisipasi dalam kegiatan Jumat bersih dan sehat.

Aminuddin juga berharap, melalui kegiatan Jumat bersih ini bisa membudayakan kepada seluruh masyarakat bahwa pemkab sendiri melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan. “Lebih dari itu kita ingin mendidik generasi muda, karena bagaimanapun kita hidup untuk bekerja,” katanya.

Tidaklah berlebihan jika dikatakan kebersihan merupakan bagian dari iman, dan itu merupakan paling mendasar. Sehingga setiap dua minggu sekali pada hari Jumat dilakukan kegiatan membersihkan lingkungan sesuai lokasi yang setiap kali sudah dialokasikan untuk masing-masing SKPD. Kegiatan Jumat bersih akan terus dilaksanakan kepada seluruh staf yang ikut berpartisipasi dengan ringan hati untuk melaksanakan program dalam kegiatan Jumat bersih juga diberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya. Sehingga dengan kegiatan Jumat bersih diharapkan bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kubar. [] KP

844 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa