Thursday , October 19 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Selatan / Hulu Sungai Tengah / Bupati HST Apresiasi Kerja Keras Petani Hortikultura

Bupati HST Apresiasi Kerja Keras Petani Hortikultura

 

Bupati HST Apresiasi Kerja Keras Petani

HULU SUNGAI TENGAH – Petani Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), kini serius mengembangkan tanaman hortikultura untuk memenuhi kebutuhan buah-buahan lokal sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani. Sebagai bukti, mereka mengembangkan berbagai tanaman hortikultura, seperti jeruk siam. Upaya tersebut mendapat sambutan baik dari Bupati HST, Harun Nurasid

Harun Nurasid di Barabai, Rabu (17/6/2015) mengatakan, sangat mengapresiasi para kelompok tani yang bekerja keras meningkatkan produksi pertanian, khususnya padi dan mengembangkan tanaman hortikultura seperti tanaman jeruk siam mahang. “Dengan mengembangkan produksi jeruk siam, petani tidak hanya meningkatkan pendapatan rumah tangga, tetapi juga membantu pemerintah dalam menyediakan pangan yang berkualitas dan terjangkau,” katanya.

Harun juga meminta kepada kelompok tani, agar lebih meningkatkan pengetahuan dan bekerja sama dengan para penyuluh pertanian, demi mendapatkan hasil pertanian yang lebih baik lagi. Pengembangan sektor pertanian di HST, tambah Harun, akan terus maju, jika masyarakatnya mau bekerja sama dengan pemerintah, sehingga diharapkan kesejahteraan para petani akan semakin meningkat.

Kepala Dinas Pertanian, tanaman pangan dan hortikultura HST, Kemat menyampaikan, bukan hanya jeruk siam mahang yang sangat baik untuk dibudidayakan, tetapi juga jeruk nipis sangat pas ditanam di daerah tersebut. “Jeruk nipis masa berbuahnya tidak mengenal musim, sehingga akan terus menerus berbuah, dan ini baik untuk menjadi pendapatan sampingan bagi petani, sambil menunggu musim panen padi,” katanya.

Pemerintah Kabupaten HST saat ini terus berkonsentrasi mengembangkan dan meningkatkan produksi tanaman pangan, dengan terus mendorong para petani untuk mencari varietas baru untuk dikembangkan, serta memberikan kemudahan antara lain dengan bantuan teknologi pertanian. Mendorong peningkatan tersebut, bupati juga hampir tiap hari melakukan kunjungan ke beberapa daerah sentra pertanian, untuk mendengarkan keluhan masyarakat secara langsung.

Beberapa daerah dan kelompok tani yang dikunjungi dalam satu pekan terakhir, antara lain para kelompok tani dan masyarakat desa Mahang Matang Landung.  Pada kesempatan tersebut, bupati meresmikan “screen house”, dan acara temu lapang teknologi pertanian, di di Kecamatan Pandawan Kabupaten HST yang juga dihadiri oleh tokoh agama setempat, kepala desa Mahang Matang Landung, unsur muspika dan ratusan warga desa Mahang. [] ANT

808 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa