Friday , December 15 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Barat / Jangan Ada Lagi Peti di Kapuas Hulu

Jangan Ada Lagi Peti di Kapuas Hulu

 

Dandim Putussibau Ingatkan Pelaku PETI

KAPUAS HULU  – Komandan Kodim 1206/PSB Letkol (Kav) Budiman Ciptadi mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) terlebih di wilayah hutan hutan lindung, seperti Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK).

“Masalah peti, merusak ekosistem dan berdampak luas maka penanganan harus baik. Kalau ada masalah TNBK ini sudah menjadi sorotan. Kalau ada perkembangan disana, dunia internasional langsung menyurati,” ujar Budiman Ciptadi di Putussibau.

Menurut Dandim, masalah PETI harus serius ditangani. Misalnya dengan sosialisasi di masyarakat sehingga mereka paham dampak buruk adanya PETI.

“Saya butuh semua lini di Kapuas Hulu untuk membantu, khsus TNBK, tempo dua bulan kedepan masalah PETI harus disosialisasikan,” imbuhnya.

Dandim Budiman menambahkan, penertiban PETI harus dengan cara yang benar. Untuk itu ia sepakat pola sosialisasi terlebih dahulu penting dilakukan, sehingga tidak menimbulkan konflik di lapangan.

“Yang harus disosialisasi seperti di Tanjung Lokang. Itu harus dilakukan sosialisasi dulu. Jangan mentang-mentang kita punya kekuatan bertindak dengan semaunya. Sehingga aturan yang kita buat tidak bertentangan dengan adat istidat yang ada,” pungkas Komandan Budiman. [] ANT

1,492 total views, 0 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa