Saturday , November 18 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Tengah / Di Pilgub Kalteng, Tak Ada Yang Minat Jalur Independen

Di Pilgub Kalteng, Tak Ada Yang Minat Jalur Independen

 

PALANGKA RAYA –  Serupa di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), di Provinsi Kalimanten Tengah (Kalteng) juga tak ada kandidat gubernur dan wakil gubernur yang berminat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng melalui jalur perseorangan atau independen. Hal itu didasarkan atas fakta bahwa tak satupun calon independen yang mendaftar.

Ketua KPU Kalteng, Achmad Syari memastikan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalteng Desember 2015 mendatang tidak diikuti satu pun pasangan calon dari perseorangan. Kepastian tersebut setelah batas waktu pendaftaran bagi pasangan calon Gubernur/Cawagub dari jalur perseorangan ditutup KPU Kalteng pada 12 Juni 2015, kata Syari di Palangka Raya, Rabu (17/6). “Kalau Bacagub Habib Ismail berpasangan dengan Pancani Gandrung tidak lolos persyaratan. Siun Jarias sudah menyatakan tidak mampu memenuhi persyaratan surat dukungan sebanyak 208 ribu,” katanya.

Ketua KPU Kalteng itu membantah jika pihaknya terlalu singkat memberikan waktu kepada pasangan Cagub/cawagub dari perseorangan dalam melengkapi berkas persyaratan , khususnya surat dukungan. Syari mengatakan KPU Kalteng telah melakukan pengumuman sekitar 1,5 bulan di berbagai media terkait persyarakat, mekanisme hingga waktu pendaftaran bagi calon dari perseorangan. “Kami juga tidak pernah tertutup terhadap pihak manapun yang ingin mengetahui atau berkonsultasi mekanisme calon perseorangan. Tapi dari mulai pengumuman hingga dibukannya pendaftaran, tidak ada yang datang untuk berkonsultasi,” ucapnya.

Mengenai tidak lolosnya pasangan cagub Habib/Pancani dari jalur perseorangan, KPU Kalteng memastikan telah bertindak secara professional dan berlandaskan ketentuan hukum yang berlaku. Dia mengatakan, Berdasarkan hasil pemeriksaan, berkas dukungan yang disampaikan pasangan Habib/Pancani sebanyak 211.775, namun komisioner bersama staff kesekretariatan KPU Kalteng hanya memperoleh 156.046 dukungan. “Bukan masalah software atau hardware, memang surat tanda tangan dukungan dari masyarakat kurang. Pemeriksaan surat dukungan kan juga kami lakukan dihadapan perwakilan tim habib/pancani,” tegas Syar`i.

Ketua KPU Kalteng itu pun mengatakan sekarang pasangan cagub/cawagub provinsi berjuluk “Bumi Tambun Bungai” ini sudah dipastikan hanya dari jalur partai politik. “Pendaftaran cagub/cawagub Kalteng dari jalur parpol akan dibuka 26-28 Juli 2015. Tunggu saja,” kata Syar`i.  [] ANT

1,027 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com