Sunday , June 25 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Diknes Kukar Membagi Ribuan Masker

Diknes Kukar Membagi Ribuan Masker

 

opening24

KUTAI KERTANEGARA – Untuk mencegah terjadinya gangguan pada sistem pernapasan akibat kabut asap yang kian menghawatirkan di Tenggarong. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar membagikan ribuan masker ke pengguna jalan.

“Ada tiga ribu masker yang kita bagikan kepada masyarakat, di enam titik pembagian yakni Jl Belida penyeberangan ferry, pertigaan lampu merah depan DPRD, di depan kampus Unikarta, Jembatan Bongkok, Gunung Pendidik dan di seputaran Stadion Rondong Demang,” kata Kabid Bina Kesehatan Masyarakat, Imam Pranawa Utama, beberapa waktu lalu saat membagikan masker kepada masyarakat.

Menurut Imam, kabut asap yang terlihat pekat tersebut tidak hanya mengganggu sistema pernapasan melainkan dapat mengakibatkan iritasi mata menjadi pedih. “Saya sendiri sudah merasakan, asep ini sudah membuat mata saya pedih. Artinya masyarakat harus waspada dan mencegahnya dengan tidak terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan,” katanya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar menjaga kesehatan dengan mengurangi aktivitas di luar ruangan. Saat keluar rumah gunakanlah masker jika tidak terlalu perlu kurangi beraktivitas luar. “Paling tidak kalau memang merasa ada gangguan pada pernapasan, silakan menghubungi Puskesmas terdekat,” katanya.

Pekatnya kabut asap membuat Dinas Kesehatan bergerak cepat dalam memberikan imbauan kepada masyarakat dengan memberikan informasi terkait pelayanan kesehatan dan bahanya kabut asap bagi kesehatan.

Dalam pembagian masker siang itu, nampak jajaran Dinkes langsung turun ke jalan membagi-bagikan masker kepada pengguna jalan. Bahkan terlihat anak-anak kecil tidak menggunakan masker. Dengan sigap para petugas Dinkes  memasangkan masker kepada anak-anak yang terlihat bersama orang tuanya berhenti dilampu merah untuk dipasangkan masker. [] KK

602 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : Media Maju Bersama Bangsa