Sunday , December 17 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Barat / Dirjen PSP-Kodam XII/Tpr Rapat Bahas Ketahanan Pangan

Dirjen PSP-Kodam XII/Tpr Rapat Bahas Ketahanan Pangan

 

Dirjen PSP-Kodam XIITpr Rapat Bahas Ketahanan Pangan

KUBU RAYA – Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Dirjen PSP) Kementerian Pertanian RI melaksanakan rapat bersama Kodam XII Tanjungpura untuk Evaluasi Upaya Khusus Program Ketahanan Pangan untuk wilayah Kalbar dan Kalteng pada di aula Makodam XII/Tpr, Kubu Raya, Selasa (28/4/2015).

Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Aris Martono, menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas terselenggaranya rapat ini. Dia berharap, kegiatan ini dapat membantu pemberdayaan wilayah pertahanan di darat terutama yang terkait dengan penyiapan potensi sumber daya alam khususnya logistik wilayah guna mengurai berbagai persoalan pangan yang terjadi di wilayah Kalbar dan Kalteng.

Menurutnya, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang ketersediaannya harus terjamin dan terpenuhi sebagai syarat utama untuk mewujudkan masyarakat yang bermartabat serta yang berkualitas.

“Selain itu, pangan juga merupakan komoditas penting dan strategis bagi sebuah bangsa termasuk bangsa Indonesia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat untuk kebutuhan dan kelangsungan hidup manusia,” katanya
Kemudian upaya Kodam XII Tpr untuk meningkatkan ketahanan pangan telah dilakukan berbagai upaya telah diprogramkan dan dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta berbagai pihak pelaku pertanian.

“Namun, akibat dampak perubahan iklim atau pemanasan global yang berkepanjangan, keterbatasan lahan pertanian yang semakin sempit dan terjadinya bencana alam di beberapa daerah menyebabkan upaya peningkatan produktifitas pangan nasional belum dapat dicapai secara optimal, sehingga ketahanan pangan di Indonesia dirasakan masih belum cukup kuat,” jelasnya.

Hadir dalam Rapat Evaluasi, Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Aris Martono, para Asisten Kasdam XII/Tpr, para Kabalakdam XII/Tpr, para Dandim jajaran Kodam XII/Tpr, Kepala Dinas Pertanian Prov Kalbar, Kadistan Kalteng, para kadistan kabupaten/kota se-Kalbar dan se-Kalteng. [] TBP

1,111 total views, 0 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa