Friday , October 20 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Selatan / Banjarbaru / Gaji Ke-13 di Banjarbaru dan Barsel Sudah Cair, di Tempatmu Kapan?

Gaji Ke-13 di Banjarbaru dan Barsel Sudah Cair, di Tempatmu Kapan?

 

gaji ke-13

BANJARBARU – Sejak Kamis (2/7) lalu, gaji ke-13 atau Tunjangan Hari Raya (THR)-nya para abdi negara di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) ternyata telah cair. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan dan Aset Daerah (DPPKAD) Banjarbaru, Jainudin, Senin (6/7).

Dikatakan Jainudin, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru, mencairkan uang sebesar Rp 18,2 miliar untuk gaji ke-13 di kota tersebut. “Gaji ke-13 bagi seluruh PNS dan CPNS sudah dibayar Kamis (2/7) baik secara tunai maupun melalui rekening bank dan pembayarannya lancar, tidak ada masalah,” ujarnya.

Ia mengatakan, gaji ke-13 yang diterima PNS lebih besar dibandingkan gaji bulanan karena tidak dikenakan pemotongan Iuran Wajib Pajak (IWP) meski tetap dipotong PPh 21.

Menurut dia, pembayaran gaji ke-13 digabung dengan rapel kenaikan gaji PNS seiring kebijakan pemerintah menaikkan gaji terhitung sejak Januari hingga Juni 2015.

Disebutkan, jumlah PNS maupun CPNS yang menerima gaji ke-13 dan rapel kenaikkan gaji sebanyak 4.484 orang yang tersebar baik di lingkup sekretariat maupun dinas dan badan.

“Rapel gaji yang dibayar sejak Januari hingga Juni 2015 mencapai Rp5,5 miliar dengan kisaran kenaikkan Rp150 ribu hingga Rp200 ribu bagi setiap PNS per bulan,” ucapnya.

Dikatakan, penggabungan pembayaran gaji ke-13 dan rapel itu bertujuan untuk membantu PNS yang membutuhkan banyak dana di bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

“Seluruh PNS memerlukan banyak dana untuk memenuhi kebutuhannya selama ramadan dan menjelang Idul Fitri sehingga pembayaran sengaja digabung,” ujarnya.

Salah seorang PNS Eka mengatakan sangat bersyukur menerima gaji ke-13 yang digabung dengan rapel kenaikan gaji karena dananya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

“Waktu dan pembayarannya yang digabung tepat karena bisa digunakan membeli keperluan selama Ramadan, membayar sekolah dan kebutuhan menjelang idul fitri,” katanya.

PENCAIRAN DI BARSEL

Sementara di Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), para guru di daerah itu sejak Jumat (3/7) dilkabarkan telah menerima gaji ke-13 yang dinanti-nanti. “Gaji ke-13 tersebut telah mulai dicairkan pada Jumat (3/7) lalu,” kata Kepala Dinas Dikbud Barsel, Raden Sudarto di Buntok, Senin (6/7).

Ia mengatakan, karena waktu penyaluran pada Jumat tersebut pendek, maka pihaknya melanjutkan kembali untuk mencairkan gaji ke-13 bagi guru yang belum terbayarkan. “Gaji tersebut akan kita serahkan kepada masing-masing Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di enam kecamatan,” ucapnya.

Setelah itu, lanjut dia, masing-masing UPTD di enam kecamatan kecamatan akan menyalurkan gaji guru-guru tersebut. “Hal itu kita lakukan agar tertib sehingga tidak terjadi membludaknya guru-guru datang ke kantor Dikbud Barsel,” ujar Raden Sudarto yang akrab disapa dengan panggilan H. Alek itu.

Ia juga mengharapkan kepada seluruh guru-guru yang berstatus PNS di wilayah Barsel yang mendapatkan gaji ke-13 itu dapat memanfaatkan gaji tersebut dengan sebaik-baiknya. “Karena gaji tersebut merupakan bantuan biaya pendidikan anak menjelang tahun ajaran baru 2015/2016 dan selain itu juga untuk membantu membeli keperluan menjelang Lebaran 1436 Hijriyah,” demikian kata Raden Sudarto. [] ANT

1,537 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa