Friday , October 20 2017
Breaking News
Home / Hotnews / Janggal, Anggaran Jembatan Kumala Membengkak

Janggal, Anggaran Jembatan Kumala Membengkak

 

Gara-Gara Tambah Air Mancur dan Lampu, Anggaran Jembatan Kumala Rp 50 M Tak CukupKUTAI KARTANEGARA – Pembangunan Jembatan Kumala kembali dilanjutkan. Saat ini masuk tahap lelang. Dana Rp 50 miliar dikucurkan, namun angka tidak cukup membiayai lantaran ada desain tambahan.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kukar Basri Hasan melalui Kabid Pembangunan Makruf menuturkan, proyek masuk tahap lelang. Data dan dokumen yang disyaratkan sudah diserahkan. Senilai Rp 50 miliar bakal digunakan untuk membangun jembatan. Sementara penyempurnaan fondasi, instansinya menganggarkan Rp 4 miliar.

Di sepanjang jembatan bakal ditambah air mancur dan lampu. Dengan begitu, pagu anggaran yang sudah disiapkan dipastikan tidak cukup. Selain itu, ada dua desain untuk akses pendekat jembatan ini, yakni menggunakan tangga atau jalan melingkar. “Saat ini dilakukan kajian untuk memilih desain tangga atau jalan melingkar,” ucap dia.

Diketahui, fondasi Jembatan Kumala yang dikerjakan PT Hutama Karya rampung meskipun molor hingga 50 hari kerja. Dana untuk fondasi itu senilai Rp 29 miliar. Panjang jembatan 230 meter dengan lebar 3,5 meter. Sementara itu, jalan pendekat sepanjang 13 meter pada kedua sisinya. Fondasi jembatan menggunakan sistem pile cap dengan pipa baja ukuran 60 cm. [] KP

1,115 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa