Tuesday , October 24 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Gerak Cepat Bencana, Tim Dala dan SKPD Temu Meja

Gerak Cepat Bencana, Tim Dala dan SKPD Temu Meja

 
Banjir menjadi salah satu bencana yang kerap terjadi di Kutai Barat.

Banjir menjadi salah satu bencana yang kerap terjadi di Kutai Barat.

KUTAI BARAT – Untuk menangani dan menanggulangi bencana yang sewaktu-waktu bisa mengancam atau terjadi di wilayah Kabupaten Kutai Barat, pemerintah bertindak cepat mengadakan rapat koordinasi lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Tim penilaian kerusakan dan kerugian pasca bencana serta Damage and Losses Assesment (DaLA). Rapat dilakukan di ruang diklat lantai 3 kantor Bupati Kubar. Diikuti seluruh SKPD di lingkungan Kubar, Rabu (17/6) lalu.
Dalam sambutan Bupati Kubar Ismail Thomas yang dibacakan Asisten 2 Meril Elisa menyebutkan, rapat ini bertujuan untuk menyelaraskan dan bersinergi antara SKPD dan Tim DaLA untuk sama-sama dapat berperan dalam penanganan dan penanggulangan bencana di Kabupaten Kutai Barat serta terbangun kesepahaman di antara pemangku kebijakan akan peran penting penyusunan perencanaan dan anggaran daerah yang terintegrasi mulai dari pusat, provinsi dan kabupaten.
Bupati berharap melalui kegiatan rapat koordinasi ini harus mampu melahirkan rasa kebersamaan dan tanggung jawab untuk mewujudkan suatu keseriusan dan komitmen dalam rangka penanganan bencana yang sedang dan mungkin akan terjadi.
Dengan tanggung jawab, maka kita selaku pemerintah daerah sangat perlu didukung dengan pendanaan dan kelembagaan penanggulangan bencana yang kuat di tataran semua wilayah dan dilengkapi dengan prasarana dan sarana dengan sumber daya manusia dengan kapasitas yang memadai serta memanfaatkan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.
Sumber daya manusia BPBD maupun Tim DaLA yang nantinya akan dibentuk harus betul-betul memiliki pengetahuan, pengalaman serta dedikasi yang tinggi dalam bidang penanggulangan bencana. Hal ini tentunya benar-benar menuntut perhatian dari seluruh SKPD terkait.
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubar Yulius Gun, tim penanggulangan bencana adalah tugas mulia, yang bisa membantu masyarakat. Ia berharap, semoga dengan rapat ini tim bisa bertindak lebih cepat dan lebih baik lagi.
Rapat ini berlangsung sehari dan juga menghadirkan narasumber dari BPBD provinsi Kaltim Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Agus Toni. [] Hms

731 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa