Jumat , Desember 14 2018
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / Jelang Pilpres, Kapolda Intensifkan Koordinasi

Jelang Pilpres, Kapolda Intensifkan Koordinasi

 

2078fc2b3151fef9fe2d205d06c7adcc

Mendekati masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, Kapolda Kaltim Irjen Pol Dicky D Atotoy kembali melakukan koordinasi dengan para tokoh adat, masyarakat dan tokoh agama se-Kaltim yang berlangsung di hotel Gran Senyiur Balikpapan, Jumat (30/5) siang.

Dicky mengatakan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai elemen masyarakat di Kaltim dan Kaltara sebagai upaya pencegahan terjadinya konflik.

“Kegiatan ini akan terus kami lakukan karena kegiatan ini sebagai tugas-tugas preemtif,” ujar Dicky. Dia meyakini, bahwa adanya forum-forum diskusi dengan perwakilan tokoh di Kaltim sangat efektif dalam membantu mengatasi konflik horizontal.

“Tanpa adanya peran serta tokoh masyarakat dan elemen masyarakat tentunya kami akan mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah,” kata jenderal berpangkat dua bintang di pundak.

Dalam pertemuan tersebut, Dicky juga mengungkapkan, saat ini seluruh kasus yang kualitasnya tinggi dan disinyalir mengarah ke SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan), pihak Polda Kaltim yang langsung mengambil alih kasus tersebut. Seperti kasus yang pembunuhan yang baru-baru ini terjadi di Berau.

“Ada beberapa kasus yg dilakukan seperti itu, kebanyakan kasus-kasus berawal dari individu namun imbasnya ke mana-mana. Polisi kewalahan menangani kasus seperti ini, peran tokoh masyarakat dibutuhkan seperti kasus di Samarinda di mana tokoh masyarakat yang dapat meredamnya,” ungkapnya di hadapan tokoh masyarakat yang hadir.

Lebih lanjut Dicky memaparkan, berkaca pada proses Pileg lalu, Kaltim tergolong kondusif dalam aspek Kamtibmas jika dibanding dengan provinsi lain. “Memang ada 8 kasus pelanggaran pileg, akan tetapi mekanisme sudah diselesaikan melalui jalur hukum,” sebut mantan Kapolda Sulut ini.

Secara terpisah, Ketua Dewan Pembina Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kaltim Yos Sutomo menyambut baik adanya koordinasi antar tokoh Kaltim dengan kepolisian. “Untuk menjaga Kamtibmas tentunya kita harus bersinergi,” tandasnya. [] RedFj/BP

1,335 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa