Wednesday , October 18 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Tengah / Kebakaran Lahan Dekati Pemukiman Warga

Kebakaran Lahan Dekati Pemukiman Warga

 

1443444048-foto_b_seruyan

SERUYAN – Kebakaran hutan dan lahan di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah dilaporkan hampir mendekati pemukiman penduduk daerah tersebut.

Pantauan di lokasi kebakaran lahan Jalan Pattimura Kuala Pembuang, Rabu, kebakaran seluas kurang lebih satu hektare sempat membuat warga sekitar panik dan berhamburan keluar rumah.

Sambil menunggu mobil pemadam kebakaran datang, warga berusaha memadamkan api dengan peralatan apa adanya agar tidak meluas dan mencapai pemukiman penduduk sekitar kebakaran.

Warga di Jalan Pattimura, Yuli (31) mengaku tidak mengetahui penyebab kebakaran di lahan milik salah satu warga yang terdiri dari semak belukar.

“Awalnya saya melihat asap. Saya kira ada yang membakar sampah, namun tiba-tiba api membesar dan membakar lahan. Untung saja tidak sampai ke pemukiman warga,” katanya.

Sementara Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seruyan Usmanifol mengatakan, begitu menerima laporan kebakaran lahan dekat pemukiman penduduk sekitar pukul 10.00 WIB, sejumlah petugas beserta tiga unit mobil pemadam kebakaran langsung diturunkan untuk memadamkan api.

“Berkat kerja sama warga, TNI, kepolisian dan petugas pemadam, api dapat dipadamkan dengan cepat dan tidak sampai ke pemukiman warga,” katanya.

Terkait kejadian tersebut, BPBD mengimbau warga agar berhati-hati dengan bahaya kebakaran yang sebagian besar dapat disebabkan oleh faktor kelalaian atau kesengajaan sehingga api menjadi besar dan kebakaran menjadi meluas.

“Kami mengimbau agar hati-hati saat menghidupkan api untuk keperluan tertentu, misalnya saat membakar sampah. Jangan ditinggalkan lokasi yg dibakar hingga api padam kembali, karena bisa saja api membakar benda lain dan menyebabkan kebakaran yang lebih besar,” katanya. [] ANT

533 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa