Kembangkitan Renang Kaltim Diawali di Kukar

Pose bersama saat penyerahan penghargaan pada laga awal. Dari kanan, Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni, Ketua Harian PRSI Kaltim, Asisten III Setkab Kukar Totok Heru Subroto, Ketua KONI Kaltim Rusdiansyah Aras, dan Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid.

ADVETORIAL DISPORA KUKAR – Setelah vakum sekitar dua tahun karena pandemi Covid-19, even olahraga kembali semarak, tidak terkecuali cabang olahraga (Cabor) renang. Cabor ini diyakini akan kembali bangkit dan diawai dari kegiatan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) renang yang diselenggarakan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Insya Allah akan menjadi awal kebangkitan renang di Provinsi Kalimantan Timur,” kata Alimuddin, Ketua Harian PRSI Kaltim saat memberikan laporan atas pelaksanaan Kejurprov PRSI Kaltim di Kolam Renang Putri Junjung Buyah, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (11/06/2022).

Saat ini, dari 40 atlet renang terbaik nasional, baru tiga di antaranya berasal dari Kaltim, di antaranya berasal dari Samarinda, Penajam Paser Utara (PPU), dan Balikpapan. Ia meyakini, melalui ajang Kejurprov ini, akan ada banyak atlet renang yang mengukir rekor limit baru, termasuk dari Kukar.

“Akan ada beberapa even yang juga dapat menjadi ajang seleksi untuk menghadapi Porprov (Pekan Olahraga Provinsi, red) di Berau pada November mendatang, seperti Bupati Cup di Kutai Kartanegara,” ujar Alimuddin.

Sementara Rusdiansyah Aras, Ketua KONI Kaltim, dalam sambutannya pada pembukaan Kejurprov PRSI Kaltim, menyampaikan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada PRSI. “Pada PON (Pekan Olahraga Nasional keduapuluh satu di Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024 mendatang, dari cabor renang minimal dapat medali. Kami yakin renang akan memberikan yang terbaik,” ujar Rusdiansyah Aras.

Serupa yang diwartakan sebelumnya, Alimuddin melaporkan bahwa ada sebanyak 286 atlet dari delapan kabupaten kota se-Kaltim turut meramaikan Kejurprov PRSI di Tenggarong. Dari 10 kabupaten kota, hanya Kutai Barat dan Mahakam Ulu yang absen, sisanya mengirimkan atlet terbaiknya. PRSI Berau mengirimkan sebanyak 7 atlet dan terdaftar mengikuti 16 nomor  dari 180 nomor yang diperlombakan. PRSI Bontang mengirimkan 24 atlet dan mengikuti 80 nomor yang diperlombakan.

PRSI Kutai Timur (Kutim) mengirim 11 atlet dan mendaftarkan 52 nomor. PRSI Paser mengirimkan 12 atlet dan mendaftarkan 129 nomor. Penajam Swimming Club Penajam Pasir Utara (PPU)  mengirimkan 18 atlet dan mendaftarkan 84 nomor. PRSI Samarinda, ada 26 atlet dengan 149 nomor. PRSI Kukar yang menaungi tiga klub, mengikutsertakan 40 atlet dan mendaftarkan 211 nomor. Sedangkan dari Balikpapan, sebanyak 148 atlet renang yang dilibatkan dan terdaftar pada 989 nomor yang diperlombakan. Sehingga sebanyak 286 atlet yang menjadi peserta kontingen dari kabupaten kota se-Kaltim, mengikuti sebanyak 1710 nomor perlombaan. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.