Sunday , June 25 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Tengah / Polisi Siap Kawal Distribusi Logistik Pilkada di Seruyan

Polisi Siap Kawal Distribusi Logistik Pilkada di Seruyan

 

qXy7Nr5P9P

SERUYAN – Kepolisian Resor Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, siap mengawal pendistribusian logistik pemilihan kepala daerah gubernur dan wakil gubernur setempat yang digelar serentak 9 Desember 2015.

“Bukan hanya melakukan pengamanan, kami juga siap melakukan pengawalan kepada panitia penyelenggara Pilkada dalam mendistribusikan logistik,” kata Kapolres Seruyan AKBP Budi Satrijo di Kuala Pembuang, Jumat (06/11).

Ia menjelaskan Polres Seruyan sudah menyiapkan personel khusus untuk melakukan pengawalan melekat dalam pendistribusian logistik pilkada, khususnya untuk kotak dan surat suara.

“Pengawalan melekat oleh petugas Polres akan dilakukan sejak logistik berada di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sampai didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” katanya.

Pegawalan melekat logistik pilkada selanjutnya dari PPK ke Tempat Pemungutan Suara akan tetap dilakukan oleh petugas Polsek dan Pos Kepolisian di masing-masing kecamatan.

“Pegawalan melekat pendistribusian logistik Pilkada ini akan dilakukan oleh petugas 1X24 jam sampai hari pencoblosan, dan petugas yang melakukan pengawalan melekat ini berbeda dengan petugas yang khusus mengamankan TPS,” katanya.

Mantan Kasat Detasemen B Brimob Polda Kalteng ini menambahkan, hasil pengamatan lapangan petugas kepolisian, dari 387 TPS di Seruyan, terdapat 96 TPS yang lokasinya cukup jauh dari Mapolres Seruyan, bahkan untuk TPS tertentu harus ditempuh dengan menggunakan jalur sungai.

“Apabila pendistribusian harus dilakukan melalui jalur sungai, maka kami akan membungkus kotak dan surat suara dengan plastik hingga aman dan tidak basah,” katanya.

Ia menegaskan pengawalan dalam pendistribusian logistik pilkada ini penting dilakukan karena logistik merupakan salah satu alat utama dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Masalah distribusi logistik ini mendapat perhatian khusus dari kepolisian, kami ingin memastikan logistik terdistribusi dengan baik dan sesuai jadwal, karena tanpa adanya logistik pilkada maka pemilihan tidak akan jalan,” katanya. [] ANT

537 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : Media Maju Bersama Bangsa