Saturday , December 16 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Utara / Lanal Tarakan dan PT Global Trans Bagi-Bagi Tandon

Lanal Tarakan dan PT Global Trans Bagi-Bagi Tandon

 

TARAKANTentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarakan menggelar kegiatan bhakti sosial. Bersama PT Global Trans, Lanal Tarakan bagi-bagi tandon untuk menampung air bersih bagi 80 kepala keluarga di RT 01, Kelurahan Juata Laut, Kecamatan Tarakan Utara, Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara), Rabu (15/7/2015).

Selain tandon air bersih, bantuan yang diberikan ke warga juga berupa mesin sumur bor. Bantuan yang tersebut tentu saja disambut gembira masyarakat setempat, termasuk Walikota Tarakan Sofian Raga yang hadir menyaksikan penyerahan bantuan itu, di salah satu rumah warga.

Seperti halnya diungkapkan Nurhayati, warga setempat yang turut mendapatkan bantuan tandon. Ia mengaku senang. Pasalnya, selama ini ia bersama warga di RT 01 kesulitan mendapatkan air bersih, apabila listrik dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Tarakan padam.

“Terus terang saja, kami sebenarnya untuk air bersih kami menggunakan sumur bor di rumah masing-masing, dengan mengandalkan listrik. Tapi kalau listrik padam kami kesulitan mendapatkan air bersih. Sebab di daerah kami listrik itu padam bisa satu hari empat kali, bahkan pernah listrik padam selama 24 jam,” ucapnya.

bantuan tandon

Nurhayati mengatakan, apabila ia bersama warga lain kesulitan air bersih, mau tidak mau air yang ada di dalam tandon Pos Pemadam Kebakaran digunakan warga. “Kami ambil air di pos pemadam kebakaran yah mau gimana lagi, karena kami tidak punya air bersih,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Agnes, selama 10 tahun tinggal di RT 01 Kelurahan Juata Laut, ia bersama warga mengandalkan air bersih dari sumur bor yang ada di rumah dengan menggunakan listrik. “Tapi yah itu kalau listriknya padam kami sudah tidak punya air bersih. Selama saya tinggal disini setiap hari listrik padam,” ucapnya.

Agnes mengatakan, dengan bantuan tandon air bersih ini ia bersama warga lainnya pastinya akan terbantu. “Nantinya bantuan tandon air bersih ini akan kami gunakan pada saat listrik padam. Kalau listriknya tidak padam yah kami tetap pakai sumur bor kami yang ada di rumah,” ucapnya.

Walikota Tarakan Sofian Raga mengatakan, tentunya dengan bantuan air bersih dan sumur bor ini kebutuhan air bersih di RT 01 Kelurahan Juata Laut dapat terpenuhi. Pasalnya di darah ini belum terpasang jaringan PDAM.

“Jadi ini salah satu solusi sistem yang ideal untuk daerah tertentu seperti ini yang jaringan PDAM-nya belum sampai. Dengan menyiapkan tandon air bersih di tempat ketinggian, air dapat distribusikan secara gratifikasi dan tidak perlu lagi pakai mesin, tinggal buka keran masyarakat sudah mendapatkan air bersih,” ujarnya. [] TBK

1,036 total views, 0 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa