Senin , November 19 2018
Breaking News
Home / Kalimantan Barat / Malam Natal, Pangdam dan Kapolda Kalbar Cek ke Beberapa Gereja

Malam Natal, Pangdam dan Kapolda Kalbar Cek ke Beberapa Gereja

 

Panglima Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., Ph.D., dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalbar Irjen Pol Didi Hariyono, Danlanud Supadio, Waka Polda Kalbar, Danlantamal XII Pontianak diwakili Perwira Menengah, melakukan pengecekan langsung personel TNI – Polri yang melaksanakan tugas pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.(Foto:Istimewa)

Pontianak – Panglima Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., Ph.D., dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalbar Irjen Pol Didi Hariyono, Danlanud Supadio, Waka Polda Kalbar, Danlantamal XII Pontianak diwakili Perwira Menengah, melakukan pengecekan langsung personel TNI – Polri  yang melaksanakan tugas pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 ke Gereja-geraja di wilayah Kota Pontianak Kalimantan Barat, Minggu (24/12/2017) malam. Hadir para Asisten Kasdam XII/Tpr, Kabalakdam XII/Tpr, para Dansat jajaran Kodam XII/Tpr, para Pejabat Utama Polda Kalbar serta Kapendam XII/Tanjungpura.

Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Andika Perkasa ingin melihat langsung keamanan dan tempat ibadah pada malam Natal.

“Kunjungan tersebut, Pangdam melihat langsung sampai sejauh mana personel yang terlibat pengamanan di sejumlah Gereja yang sedang menjalani ibadah situasinya seperti apa, seberapa banyak jemaatnya, dan pengamanan seperti apa,” ujar Kapendam XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, S.Sos, disela-sela mendampingi Pangdam XII/Tanjungpura.

Adapun Gereja yang pertama dikunjungi yaitu Gereja Katolik Keluarga Kudus, di Jalan Sultan Syahrir. Usai kunjungan di Gereja Katolik Keluarga Kudus dilanjutkan meninjau Gereja HKBP, setelah itu meninjau Gereja Katredal Santo Yosef yang berada di Jalan Patimura, Kota Pontianak.

Saat ditanya oleh awak media, jumlah personel pengamanan disetiap Gereja, Kapendam XII/Tanjungpura menegaskan, “Pengamanan disesuaikan banyaknya pengunjung, besarnya gereja, dan kegiatannya,” tegas Kapendam.

Kapendam pun mengatakan, siaga pengamanan Natal dan menyambut Tahun Baru 2018 diterapkan TNI bukan berarti situasi dalam kondisi darurat. Hal tersebut dimaksudkan agar pengamanan terfokus pada perayaan Natal hingga Tahun Baru 2018. “Ini upaya konsentrasi penuh dan petugas berada di tempat yang telah ditentukan dan tidak kemana-mana,” kata Kapendam.

Sementara itu, Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., Ph.D., saat ditanya awak media tentang rencana kunjungan kerja Presiden RI  mengatakan,  “intinya harus sukses karena ini merupakan kegiatan rutin Presiden, merayakan Natal Nasional yang keempat, bahkan di tempat yang pertama dan yang kedua Pangdam juga ikut,” kata Pangdam XII/Tpr.

Lanjutnya, karena saat itu Pangdam XII/Tpr masih menjadi Komandan Paspampres dan semuanya berjalan rapi yang ketiga juga tahun lalu di Manado aman dan sukses, tuturnya.

Pangdam berharap, ingin di Kalimantan Barat tahun 2018 menjadi satu kehormatan bagi kita juga. Pangdam dua kali ikut, lingkungan berbeda tetapi saya yakin masyarakat Kalimantan Barat juga masih punya kebanggaan, bisa menjadi tuan rumah yang baik dan kita tunjukan kepada Jayapura kepada Kupang, kepada Manado bahwa kita kali ini sama baiknya dengan mereka waktu itu, pungkas Pangdam XII/Tanjungpura, mengakhiri.(Pendam XII/Tpr/Rachmat Effendi)

117 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa