Saturday , November 18 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Tengah / Barito Selatan / Di Musim Kemarau, Pelayanan Air Bersih Dioptimalkan

Di Musim Kemarau, Pelayanan Air Bersih Dioptimalkan

 

1435349260-foto_c_barsel

BARITO SELATAN – Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengoptimalkan pelayanan pada musim kemarau ini.

“Meskipun saat ini musim kemarau, kita berupaya agar pelanggan tidak kesulitan mendapatkan air bersih,” kata Plt Direktur PDAM Barsel, Mariyanto didampingi Kepala Administrasi dan keuangan Bond Bella di Buntok, Kamis (15/10).

Ia mengatakan dari 14 unit pelayanan PDAM di sejumlah kelurahan dan desa yang tersebar di enam kecamatan di wilayah Barito Selatan ini semuanya tetap beroperasi sebagaimana mestinya.

“Walaupun diakui untuk kapasitas `Water Treatment Process` (WTP) dalam kota Buntok yang seharusnya 150 liter per detik, namun yang kita miliki saat ini masih berkapasitas 85 liter per detik,” kata Mariyanto.

Jika dikalkulasi dengan panjang jaringan yang mencapai 70 kilometer berbanding terbalik dengan kapasitas yang ada saat ini karena jumlah pelanggan di kota Buntok mencapai 7.000.

Ia menjelaskan untuk WTP kapasitas 85 liter per detik tersebut hanya mampu melayani 6.800 pelanggan dan itupun masih belum terhitung dari penyusutan pompa dan lain-lainnya.

“Hal tersebut yang menjadi kendala saat ini dan kita sudah menyampaikan usulan kepada Pemerintah daerah, Provinsi maupun pusat untuk meningkatkan kapasitas WTP khususnya dalam kota Buntok,” ujar Mariyanto.

Menurut dia paling tidak idealnya ada penambahan sebanyak 50 liter per detik sehingga kapasitas WTP bisa mencapai 135 liter/detik dan pelayanan bisa lebih maksimal lagi. [] ANT

438 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com