Thursday , October 19 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Selatan / Pilot Project Gerbang Emas Diresmikan

Pilot Project Gerbang Emas Diresmikan

 

peluncuran gerbang emas

TABALONG – Desa Juai, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) jadi pilot project atau proyek percontohan Program Gerakan Pembangunan Manuju Masyarakat Sejahtera (Gerbang Emas). Proyek tersebut diluncurkan Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan, Selasa (16/6).

Dalam sambutannya di Tanjung, Rudy mengatakan, masyarakat punya peran sangat besar dalam pembangunan karena itu pemberdayaan perlu dilakukan, salah satunya melalui program Gerbang Emas. “Saya menyambut baik program Gerbang Emas di Tabalong yang akan dilaksanakan di 12 desa sebagai percontohan dan sangat mengharapkan peraserta masyarakat dalam pembangunan desa,” jelas Rudy.

Program Gerbang Emas sendiri ungkap Rudy sebagai upaya pemerintah daerah menjadikan desa mandiri dan membangun dengan melibatkan partisipasi masyarakat menuju kesejahteraan. Peresmian program Gerbang Emas Bersinar di ‘Bumi Saraba Kawak’ ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan jalan Desa Juai sepanjang 50 meter dan lebar 2 meter.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengatakan tahun ini ditargetkan sebanyak 24 desa bisa mendapatkan dana Rp1 miliar per desa melalui program Gerbang Emas Bersinar. “Tahun ini 12 desa terpilih sebagai pilot project pelaksanaan program Gerbang Emas dan rencananya dalam APBD perubahan akan ditambah 12 desa mendapatkan dana Rp1 miliar per desa,” jelas Anang.

Program Gerbang Emas tahun ini selain bersumber dari APBD Kabupaten juga mendapatkan dukungan dana APBD provinsi, APBN dan bantuan PT Adaro Indonesia beserta mitra kerjanya melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Desa yang menjadi pilot project masing-masing Desa Harus Kecamatan Muara Harus, Desa Pudak Setegal Kecamatan Kelua, Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta, Desa Hapalah Kecamatan Banua Lawas, Desa Sei Rukam 2 Kecamatan Pugaan, Desa Jaro Kecamatan Jaro dan Desa Juai Kecamatan Tanjung. Termasuk Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak, Desa Santuun Kecamatan Muara Uya, Desa Masingai 2 Kecamatan Upau, Desa Nawin Kecamatan Haruai dan Desa Argomulya Kecamatan Bintang Ara.

DIDUKUNG CSR

Sementara dalam realisasinya, pelaksanaan program Gerbang Emas selain mendapat bantuan  dana dari anggaran pemerintah, dari kabupaten, provinsi hingga pusat, juga didukung oleh PT Adaro Indonesia bersama mitra kerjanya melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) guna mewujudkan masyarakat yang mandiri dan maju.
Manager CSR PT Adaro Indonesia, Ideham Kurniawan mengatakan, dukungan PT Adaro Indonesia terhadap program Gerbang Emas diberikan kepada tiga desa sasaran pilot project program yakni Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta, Desa Harus Kecamatan Muara Harus dan Desa Masingai II Kecamatan Upau.
“Sebagai bentuk tanggungjawab sosial Adaro terhadap masyarakat yang berada di wilayah operasional perusahaan tentunya harus didukung dengan peran serta masyarakatnya dalam rangka membangun wilayahnya salah satunya melalui program Gerbang Emas yang juga kita bantu melalui program CSR,” jelas Ideham.
Tiga desa yang mendapat dukungan dana CSR dalam program Gerbang Emas yakni Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta sebesar Rp448,5 juta, Desa Harus Kecamatan Muara Harus Rp192,5 juta dan Desa Masingai II Kecamatan Upau sebesar Rp60 juta.  Dana tersebut digunakan bagi kegiatan peningkatan perekonomian masyarakat desa diantaranya pembinaan perikanan berupa usaha budidaya perikanan di kolam terpal serta pembangunan pasar rakyat. [] ANT

1,073 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa