Sabtu , Oktober 20 2018
Breaking News
Home / Berita Lainnya / PLN Kalbar Peduli Dhuafa

PLN Kalbar Peduli Dhuafa

 

Kepala PLN Wilayah Kalbar Bima Putrajaya ketika acara penyerahan bantuan kepada Dhuafa

Pontianak-Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali berbagi kebahagiaan dengan memuliakan kaum dhuafa di bulan suci nan berkah ini dengan memberikan 50.000 paket sembako secara serentak se-Nusantara Rabu, (31/5).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh (LAZIS) PLN dan PLN Peduli (CSR PLN) ini diantaranya membagikan 15.000 paket sembako untuk 15 wilayah di Jabodetabek dan 35.000 paket sembako lainnya yang dibagikan oleh seluruh unit Lazis PLN se-Indonesia kepada masyarakat dhuafa.

Seluruh paket sembako ini berasal dari dana zakat para pegawai Muslim PLN se-Indonesia melalui kebijakan Direksi yang memfasilitasi pemotongan zakat dari penghasilan pegawai secara otomatis terpusat (automatic payroll system) dan sebagian dari dana PLN Peduli.

Adapun paket sembako yang dibagikan masing-masing berisi 10 kilogram (kg) beras, 1 liter minyak goreng, 2 kg gula pasir, 1 bungkus kecap manis 600 gram, setengah dus mie instan, dengan harga rata-rata sembako adalah Rp 250.000 per paket ditambah uang tunai Rp 50.000 per orang. Dengan begitu, total yang digelontorkan oleh PLN melalui dana zakat pegawai muslim PLN dan PLN Peduli adalah sebesar Rp 15 milyar.

General Manager PLN Wilayah Kalimantan Barat, Bima Putrajaya di temui pada saat pembagian sembako di halaman Kantor PLN  mengucap syukur karena PLN dapat berbagi kebahagiaan dengan masyarakat yang membutuhkan, terutama kaum dhuafa.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pegawai yang bersumber dari dana zakat pegawai PLN yang dikelola oleh LAZIS. Selama ini pendapatan pegawai PLN yang muslim telah otomatis dipotong 2,5%, untuk zakat, peraturan ini merupakan kebijakan dari direksi yang didukung oleh seluruh pegawai ,” imbuh Bima.
Bima juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan sosial yang dilakukan oleh PLN Wilayah Kalbar dan PLN UIP Kalbagbar. Selanjutnya PLN juga akan menggelar kegiatan bareng anak yatim melalui kegiatan buka puasa bersama dan pemberian santunan kepada para guru ngaji.

Sementara itu Ketua Lazis PLN Wilayah Kalimantan Barat, Yusrizal Ibrani menyampaikan bahwa pada bulan Ramadhan tahun ini Lazis PLN Wilayah Kalbar juga akan melaksanakan kegiatan sosial bersamaan dengan kegiatan CSR PLN Peduli dan Safari Ramadhan di kantor-kantor unit PLN.

Yusrizal menambahkan bahwa dana yang dikelola Lazis disalurkan melalui 5 program utama, yaitu di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dakwah dan sosial.

“Pada bulan April yang lalu, Lazis menyelenggarkan kegiatan layanan kesehatan gratis bagi masyarkat kurang mampu di Tanjung Bunga, Batu Ampar dan Balai Karangan,” ujar Yusrizal.

Selain itu, Lazis juga memberikan batuan berupa pembebasan/ peringanan biaya berobat dan bantuan pembayaran biaya BPJS. Di bidang pendidikan melalui beasiswa, bidang ekonomi melalui pemberian modal usaha dan bidang dakwah melalui pengiriman da’i ke pelosok daerah. Hingga saat ini Lazis telah mengirimkan dai’i ke lebih dari 30 lokasi pedalaman di Kalimantan Barat.

Melalui program-program ini diharapkan penyaluran dana zakat yang dikelola Lazis dapat disalurkan sesuai ahnaf dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan, serta melalui kegiatan pemberdayaan fakir miskin diharapkan yang sebelumnya ahnaf dapat dibina hingga sukses dan kelak menjadi muzakki.

Kegiatan Lazis PLN bertajuk ‘Bahagia Milik Bersama’ di bulan Ramadhan 1438 H juga menggelar kegiatan serentak dengan memberikan santunan kepada 10.000 anak yatim dan piatu, santunan kepada 1.000 ustadz dan ustadzah, buka puasa bareng 10.000 kaum dhuafa serta pemberian kebutuhan utama kaum dhuafa yang tersebar diberbagai daerah. (Masrun)

320 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa