Friday , November 24 2017
Breaking News
Home / Berita Lainnya / Proyek Jembatan Kukar Menunggu Rangka

Proyek Jembatan Kukar Menunggu Rangka

 
Tiang Pancang Jembatan KukarDua pekan lagi, rangka Jembatan Kartanegara yang dibangun PT Hutama Karya tiba di Tenggarong. Sementara ini, kontraktor terus mengebut pemancangan tiang jembatan yang ambruk 2011 lalu. Di sisi Tenggarong, tiang pancang sudah masuk tahap penyelesaian.

“Kami perkirakan, rangka jembatan tiba di Samarinda paling cepat 10 hari. Saat ini, rangka sudah dibawa dari Tanjung Priok, Jakarta,” terang Budi Harsono, kasi Jalan, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDA) Kukar.
Spesifikasi rangka jembatan, jelasnya, seberat 1.200 ton yang dibawa kapal jenis landing craft tank (LCT). Sebelum diangkut kapal, rangka lebih dahulu dimasukan ke truk kontainer untuk membawa dari pabrik menuju Priok.
“Rangka yang dibawa ini baru untuk sisi Tenggarong dan Tenggarong Seberang. Untuk bentang tengah, menurut rencana, rangka dikirim Juli nanti,” terangnya. Dikatakan, pekerjaan jembatan masih difokuskan penyelesaian di sisi Tenggarong.
“Pekerjaan rangka di bentang tengah baru dikerjakan setelah dua sisi selesai,” lanjutnya.
Untuk diketahui, pembangunan jembatan ditandai groundbreaking oleh Gubernur Kaltim, April 2013 lalu. Pembangunan jembatan berjalan lambat lantaran dibangun di lokasi jembatan runtuh.
Kontraktor cukup lama berkutat dengan penguatan tiang pancang. Struktur jembatan yang akan dibangun berjenis continuous arch bridge atau jembatan pelengkung menerus dengan rangka baja. Panjang keseluruhan mencapai 710 meter dengan bentang utama 470 meter. Lebar jembatan 10,45 meter dengan lebar lajur lalu lintas 7 meter. Jembatan ditarget rampung pertengahan 2015. [] RedFj/KP

1,718 total views, 2 views today

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa