Friday , November 24 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / Punya Usaha TV Kabel, Pria Ini Dituntut 2 Tahun Penjara

Punya Usaha TV Kabel, Pria Ini Dituntut 2 Tahun Penjara

 
usaha tv kabel

Dapur produksi Televisi Kabel.

BALIKPAPAN – Seorang pria pemilik televisi kabel (TV Kabel) Bu Kadri Vision atau BKV balikpapan, Rachmansyah Kadri, terpaksa harus didudukan di kursi pesakitan, Pengadilan Negeri (PN) Balikpapan. Pasalnya, dalam menjalankan usahanya, TV kabel tersebut, Rachmansyah Kadri juga menyiarkan produk dengan tidak meminta izin ke pemilik hak siarnya.

Kamis (9/7) lalu, pria ini dituntut dua tahun penjara dan denda Rp 100 juta rupiah dengan tuduhan melakukan pencurian hak siar ekslusif atas saluran televisi HBO, HBO Hits, AXN, dan Celestial Movie yang dimiliki Indovision, bagian dari MNC Sky Vision.

Menurut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Fadjar, BKV yang dipimpin Rachmansyah Kadri telah menyiarkan konten atau saluran-saluran eksklusif tanpa izin dari MNC Vision selaku pemegang hak siar di Indonesia. “Perbuatan terdakwa telah memenuhi semua unsur pidana. Terdakwa secara sah dan menyakinan terbukti melanggar pasal 72 ayat 2 UU 19 Tahun 2002 mengenai hak cipta,” kata Fadjar.

“Atas terpenuhi unsur-unsur pidana dalam UU Hak Cipta, kami menuntut hukuman dua tahun penjara kepada saudara terdakwa, dengan denda Rp100 juta atau subsider enam bulan penjara,” lanjut Fadjar dalam tuntutannya di persidangan yang dipimpin Hakim Ketua Ridwantoro.

Menurut JPU, dari fakta yang terungkap di persidangan dan bukti-bukti, tidak ada yang dapat menghapus tindak pidana yang dilakukan terdakwa.

“Perbuatan terdakwa juga telah merugikan pemilik siaran baik secara material maupun imaterial. Bahkan menurunkan kepercayaan investor asing di Indonesia,” tegasnya.

Hal yang meringankan terdakwa adalah selama menjalani persidangan terdakwa dinilai kooperatif dan belum pernah dihukum. Bahkan Rachmansyah tidak ditahan selama kasus ini bergulir hingga persidangan sekarang.

Sidang akan dilanjutkan pada 5 Agustus mendatang dengan agenda pembacaan pledoi atau pembelaan oleh terdakwa, yang akan diwakili Alfonso, pengacaranya.

Selama persidangan itu, para jurnalis yang meliput menyaksikan Rachmansyah Kadri dikawal belasan orang, mulai dari karyawan BKV hingga pengawal pribadi. [] ANT

3,156 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa