Tuesday , September 19 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Tengah / Riban Satia: Teruskan Perjuangan Kartini

Riban Satia: Teruskan Perjuangan Kartini

 

20150422pelatihan_kependudukan_1

PALANGKA RAYA – Wali Kota Palangka Riban Satia meminta kepada wanita dan organisasi wanita terus menjaga dan meneruskan semangat perjuangan RA Kartini di daerah tersebut.

“Saya meminta para perempuan kompak meniru semangat perjuangan Kartini,” katanya pada peringatan Hari Kartini di Komplek Kantor Pemerintahan Kota Palangka Raya, Rabu (22/4).

Wali Kota juga meminta seluruh wanita mendukung berbagai program pembangunan pemerintah daerah dengan menerapkan semangat perjuangan RA Kartini yang pantang menyerah.

Berkat perjuangan Kartini, perempuan Indonesia bisa merasakan kesetaraan gender sehingga bisa berkarir dalam segala bidang bahkan mencapai jabatan tinggi di eksekutif, legislatif maupun yudikatif.

Di masa lalu, hanya pria yang dibolehkan mengecap pendidikan di sekolah sedangkan perempuan diam di rumah dan Kartini mendobrak dominasi pria pada saat itu.

“Berkat perjuangan Kartini, perempuan Indonesia termasuk di Palangka Raya bisa seperti sekarang. Maka perempuan di kota ini pun harus terus mencontoh dan meneladani Kartini dalam perjuangannya,” kata wali kota yang menjabat di periode kedua itu.

Riban mengatakan, di Ibu Kota Kalimantan Tengah, Palangka Raya banyak perempuan berkarir di pemerintahan hingga menduduki jabatan penting sehingga peran perempuan juga tidak kalah strategis untuk memajukan pembangunan kota.

Jabatan itu antara lain sebagai Kelapa Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Staf Ahli Wali Kota Bidang Jasa, Sekretaris DPRD Kota, Kabag Kepegawaian, pendidikan dan Pelatihan dan Wakil Ketua DPRD di kota itu.

“Juga menjadi pejabat eselon III seperti Sekretaris Dinas, Badan dan Kepala Bagian, apalagi eselon IV lebih banyak yang menjadi kepala Seksi dan sub bagian. Ini bukti kemandirian dan kemajuan dari perempuan di kota ini,” kata Riban.

Ia yakin Palangka Raya akan semakin maju karena kaum perempuan menjadi salah satu elemen penting yang ikut mengatur dan menata pembangunan daerah ini.

Perempuan diminta memiliki banyak kelebihan dengan menunjukkan eksistensinya, sehingga Kota Palangka Raya akan semakin maju dan lebih baik di masa mendatang. [] ANT

690 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa