Tuesday , October 17 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Selatan / Rp 32 M Dikucurkan Untuk Perluasan Pelabuhan Laut Swarangan

Rp 32 M Dikucurkan Untuk Perluasan Pelabuhan Laut Swarangan

 
Pelabuhan Laut Swarangan di Kecamatan Jorong saat dikerjakan.

Pelabuhan Laut Swarangan di Kecamatan Jorong saat dikerjakan.

TANAH LAUT – Rp 32 miliar lebih dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel), Tahun Anggaran 2015 dikucurkan untuk pembebasan lahan seluas 100 hektare (ha). Lahan tersebut dipergunakan sebagai ekspansi Pelabuhan Laut Swarangan di Kecamatan Jorong, Tanah Laut.

Lahan seluas 100 ha tersebut nantinya dipergunakan untuk fasilitas penunjang pelabuhan, seperti bongkar muat, terminal peti kemas dan lainnya. Sebenarnya lahan seluas 100 ha itu masih kurang, karena sebenarnya lahan yang diperlukan seluas 500 ha. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pelabuhan Laut Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tanah Laut M Rakhmadi, di Pelaihari, Minggu (14/6).

“Untuk keperluan lahan pelabuhan laut seluas 500 hektar. Saat ini kita sudah menganggarkan pembebesan lahan tahap pertama seluas 100 hektar dengan anggaran Rp 32 miliar lebih,” kata Rakhmadi di Palaihari. Menurutnya, apabila pembebasan lahan tahap pertama rampung di tahun 2015, maka pembebsasan lahan tahap kedua seluas 100 ha kembali dianggarkan pada ABPD Tanah Laut tahun anggaran 2016.

“Saat ini untuk pembebeasan lahan seluas 100 hektare tahap pertama kita masih menunggu surat keputusan dari Gubernur Kalsel, apakah ditunjuk Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Provinsi Kalsel atau Bagian Tata pemerintahan Sekretariat Kabupaten Tanah Laut,” ungkapnya.

Dijelaskannya, kalau SK Gubernur Kalsel tersebut menunjuk Tata Pemerintahan Setdakab Tanah Laut, maka pihaknya selaku dinas teknis siap melakukan pembebeasan tersebut. Lebih lanjut dia mengemukakan, apabila tahapan-tahapan pembebasan lahan berjalan dengan mulus, maka secara lansung pembangunan pelabuhan laut juga cepat dikerjakan.

Diutarakannya, untuk pembangunan jalan rangka beton menuju laut diperkirakan panjangnya 500 meter, dan saat ini sudah dikerjakan sepangang 150 meter. “Dari jumlah yang sudah dikerjakan itu, maka sisa jalan rangka beton menuju ke laut masih tersisa 350 meter,” terangnya.

Terpisah, Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah sangat mengharapkan pembangunan Pelabuhan Laut Swarangan di Kecamatan Jorong cepat teralisasi, mengingat Kabupaten Tanah Laut masuk dalam kawasan strategis pembangunan nasional. Diungkapkannya, masuknya Kabupaten Tanah Laut dalam kawasan strategis pembangunan nasional ditetapkan berdasarkan Intruksi Presiden RI (Inpres). [] ANT

869 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa