Tuesday , May 22 2018
Breaking News
Home / Berita Lainnya / Sabtu Kirab Budaya, Minggu Parade EIFAF

Sabtu Kirab Budaya, Minggu Parade EIFAF

 
indexRangkaian Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) pada Sabtu (14/6) besok, dilaksanakan Kirab Budaya yang diikuti sekitar 30 paguyuban seni di Kukar. Masing-masing menampilkan keunikan seni dan budaya daerahnya. Kirab Budaya rencananya juga diikuti tim kesenian dari enam negara anggota International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Art (CIOFF), seperti Mesir, Italia, Korea Selatan, Latvia, Filipina, dan Rusia.

“Kirab Budaya bertajuk Wonderful Indonesia Cross Culture menampilkan seni budaya Indonesia dan mancanegara,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar Sri Wahyuni, Selasa (10/6). Kirab Budaya Wonderful Indonesia Cross Culture dilaksanakan mulai 09.00-12.00 Wita. Kirab dimulai dari depan Sekretariat Gerbang Raja Timbau menuju Pasar Seni.
Sedangkan panggung kehormatan yang akan ditempati Bupati Kukar bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kukar, tokoh masyarakat, termasuk peserta folklore dari enam negara dengan kostum tradisi masing-masing, berada di depan kantor Dispenda yang lama. Sri menambahkan, undangan dari Pemkab Kukar yang hadir di tribun kehormatan dalam Kirab Budaya nanti menggunakan pakaian miskat.
“Setiap peserta kirab akan melakukan atraksi di depan panggung kehormatan,” ujarnya. Sementara pada Minggu (15/6), mulai 08.00 Wita seluruh peserta folklore dari 11 negara berjumlah 253 orang, melakukan parade bersama tim kesenian Indonesia, diwakili Kukar dan kabupaten/ kota lainnya di Kaltim. Adapun rute parade peserta EIFAF dimulai dari Kedaton, kemudian melintasi Jalan Ki Hajar Dewantara dan berakhir di Stadion Rondong Demang.
“Siapa saja, silakan menyaksikan kirab dan parade EIFAF. Sangat menarik karena menampilkan beragam seni budaya, termasuk dari delapan negara peserta EIFAF,” katanya. [] RedFj/KP

954 total views, 2 views today

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com