Sunday , May 27 2018
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / Sepakati 8 Proyek Tahun Jamak

Sepakati 8 Proyek Tahun Jamak

 

nota-persetujuan-tahun-jamak

Sebanyak delapan proyek multi years atau tahun jamak sudah dianggarkan Pemkot Balikpapan yang dilaksanakan tahun 2014 ini. Kedelapan proyek telah mendapat persetujuan dari DPRD Balikpapan.(lihat boks) “Kalau saya tidak salah ada 8 proyek multi years pada tahun 2014 ini ,” kata Kepala Bagian Pembangunan Setdakot Balikpapan, Agus Budi Prasetyo SIP MT kepada wartawan, Jumat (30/5).

Menurut Agus, sejumlah proyek multi years ini tinggal proses pelaksanaan. Sebab, dananya sudah dianggarkan. “Iya semua proyek multiyears ini telah disetujui dewan tinggal dilaksanakan saja,” tuturnya.

Saat ini terang Agus, proyek-proyek tersebut sedang dalam tahap lelang manajemen konstruksi (MK). Waktunya diperkirakan kurang lebih sebulan. “Ada tiga proyek yang sudah dilakukan lelang MK yakni Stadion Batakan, Sirkuit Lamaru, dan Balikpapan Islamic Center. Sedangkan lainnya sedang dalam tahap proses,” pungkas Agus.

Proyek multi years ini terancam gagal karean APBD 2014 diperkirakan mengalami defisit Rp900 miliar lebih. Namun akhirnya bisa tertutupi. Meski tidak menjelaskan secara rinci alokasi pos-pos anggaran itu, namun Kepala Bappeda Suryanto, menyebut dana untuk pembiayaan proyek besar yang sedang digeber pemkot dipastikan kembali mendapatkan kucuran fulus segar.

“Alhamdulillah, defisit sudah tertutupi dari pelampauan pendapatan di sektor Dispenda tahun 2013 sekitar Rp271 miliar dan beberapa rasionalisasi anggaran untuk proyek usulan baru dari sejumlah SKPD yang diperketat. Juga berharap bantuan dari Pemprov Kaltim sebesar Rp85 miliar,” kata Suryanto.

Meski mengalami defisit, Suryanto menyebut agak sedikit bisa lega lantaran dapat mengetahui gambaran anggaran pos yang bisa untuk menutupi defisit. Apalagi, dari APBD perubahan selain digunakan untuk anggaran yang sifatnya mendahului, anggaran bernilai besar juga diprioritaskan untuk menopang biaya kelanjutan pekerjaan sejumlah proyek multiyears, seperti Stadion Utama Balikpapan di Batakan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe C di Gunung Malang dan Balikpapan Islamic Center (BIC) di Gunung Bahagia.

“Dari anggaran APBD Perubahan itu, kita kucurkan total Rp198 miliar untuk 3 proyek multiyears. Masing-masing, stadion Rp100 miliar, rumah sakit Rp50 miliar dan BIC Rp40 miliar,” pungkasnya baru-baru ini. [] RedFj/BP

983 total views, 1 views today

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com