Saturday , December 16 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Barat / Siswa SD Asal Sintang Jadi Juara OCN

Siswa SD Asal Sintang Jadi Juara OCN

 

Ajang OCN

SINTANG – Marsel Davidson, siswa kelas 6 SDN 7 Sintang mengharumkan nama Kalimantan Barat setelah meraih juara pertama pada Olimpiade Catur Nasional (OCN) di Kota Makasar.

Marsel Davidson didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Marchues Afen dan Kepala SDN 7 Sintang, Tabrani Ahmad diundang khusus oleh Bupati Sintang, Milton Crosby.

Siswa kelahiran Sintang pada 26 Juni 2004 itu sejak kecil sudah hobi bermain catur. “Sejak TK sudah hobi main catur. Bapak yang pertama kali mengajarkan saya main catur,” ucap putra sulung Martin Davidson itu.

Selain hobi catur, I Marsel Davidson ini ternyata juga hobi bermain bulu tangkis. Dia juga terbilang siswa yang berprestasi dalam bidang akademik di sekolahnya.

“Sejak kelas I SD, Marsel tidak pernah lepas dari empat besar juara kelas,” kata Kepala SDN 7 Sintang, Tabrani Ahmad, Kamis (13/8).

Masih kata Marsel, setiap harinya, dia menghabiskan waktu sekitar dua jam untuk bermain catur. Dia juga berlatih dengan pecatur senior di Kota Sintang. Selain itu, Marsel biasa berlatih catur melalui permainan di internet.

Bupati Sintang, Milton Crosby usai mengantar salah satu anggota DPR RI ke Bandara Tebelian, langsung menyalami I Marsel Davidson. Di kesempatan itu, Milton menyerahkan langsung hadiah sebuah laptop dan uang saku pada Raja Catur tingkat SD itu.

Milton menyampaikan apresiasinya atas prestasi yang diraih I Marsel Davidson tersebut. Dia mengaku bangga ada anak Kabupaten Sintang yang bisa menjadi juara nasional dan mewakili Indonesia ketingkat internasional.

“Saya doakan semoga sukses di tingkat internasional,” ucap Milton.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Marchues Afen mengatakan, setelah meraih juara satu dalam olimpiade nasional di Makasar pada 1-8 Agustus lalu, I Marsel akan berangkat ke Yunani untuk mewakili Indonesia ditingkat SD dalam pertandingan catur kelas internasional.
Masih kata Afen, I Marsel merupakan satu-satunya atlit Kalbar yang berhasil meraih medali emas di olimpiade nasional. “Kami sangat bangga, ada siswa Sintang yang bisa mengharumkan nama Kalbar ditingkat nasional. Dialah I Marsel Davidson, anak dari kampung Sintang yang akan mewakili Indonesia ke tingkat internasional,” ujar Afen bangga.

Dikatakan Afen, prestasi ini juga merupakan prestasi pertama yang diraih Kabupaten Sintang ditingkat nasional. Dia berharap, mudah-mudahan prestasi yang diraih I Marsel Davidson bisa diikuti oleh pelajar lain dengan prestasi-prestasi lainnya.

“Siswa Sintang bukan hanya bisa berprestasi ditingkat provinsi tapi juga ditingkat nasional. Siswa Sintang bukan hanya bisa mengikuti kejuaraan nasional tapi juga bisa dapat juara nasional,” ujarnya.

Untuk prestasi yang telah diraih oleh I Marsel, Afen menjanjikan menggratiskan biaya pendidikan siswa tersebut di tingkat SMP. [] ANT

902 total views, 0 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa