Friday , November 24 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Wabup Buka Rakercab Gerakan Pramuka Kukar

Wabup Buka Rakercab Gerakan Pramuka Kukar

 

Pelantikan_Mabi_Pramuka_Kaltim_Selasa_20-2-2013_4

Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kukar menyelenggarakan rapat kerja cabang (rakercab), dibuka Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf yang ditandai penyerahan palu sidang, diterima Ketua Kwartir Cabang Kukar Edi Damansyah yang juga Sekkab Kukar. Penyerahan turut disaksikan Asisten IV Setkab Kukar H Bahrul pada Senin (2/6) di Aula Asrama Atlet Kompleks Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang.

Kegiatan berlangsung tiga hari, diikuti sekitar 200 peserta. Terdiri dari para camat sebagai kwartir ranting gerakan pramuka di 18 kecamatan. Dalam arahan Bupati Kukar Rita Widyasari sebagai Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka yang disampaikan Ghufron Yusuf, dikatakan bahwa rakercab merupakan sarana membuat program kerja yang bertujuan pengembangan gerakan pramuka.

“Diharapkan terjadi sinkronisasi kegiatan Pemkab, kwartir cabang, kwartir ranting, dan dinas terkait Gerakan Pramuka Kutai Kartanegara,” katanya. Tidak hanya itu, kata Ghufron, kegiatan itu nantinya menghasilkan program unggulan bidang kepemudaan dalam menciptakan calon-calon pemimpin di masa mendatang.

“Rapat kerja ini seiring salah satu visi misi Gerbang Raja, meningkatkan kualitas dan daya saing menuju sumber daya manusia unggul, bernilai dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya. Dia mengimbau instansi terkait yang membawahi Gerakan Pramuka lebih meningkatkan pembinaan terhadap seluruh jajaran gerakan pramuka hingga tingkat terbawah.

Juga melakukan program yang meningkatkan minat generasi muda berpartisipasi dalam gerakan pramuka. Tidak hanya sebatas kewajiban ekstrakurikuler sekolah tetapi karena butuh pembinaan dalam pembentukan karakter pemuda. “Perlu peran aktif dan dukungan stakeholder yang ada agar gerakan pramuka semakin tumbuh dan berkembang di seluruh Kukar,” harapnya.

Sementara, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kukar Edi Damansyah mengharapkan semua peserta benar-benar mencurahkan tenaga dan pikiran menyusun agenda kerja. Dengan demikian, program kerja bisa diimplementasikan maksimal dan sepenuhnya sebagai pengembangan. “Gerakan Pramuka harus dikembangkan serius sebagai upaya menjadikan Kukar sebagai kabupaten pramuka,” katanya.

Dia berharap kepala SKPD mendiskusikan secara teknis pengembangan program, khususnya saka-saka terkait di masing-masing SKPD. “Sinergi ini harus terus terjaga sampai pelaksanaan di lapangan. Keterlibatan aktif dari kakak-kakak kepala SKPD sangat diharapkan untuk mengimplementasikan program dan kegiatan yang ditetapkan,” katanya. [] RedFj/KP

 

815 total views, 1 views today

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa