Breaking News
Home / Headlines / AJP Lahir Ditengah Momentum Hari Kesaktian Pancasila

AJP Lahir Ditengah Momentum Hari Kesaktian Pancasila

 

DEKLARASI : Sejumlah wartawan dari berbagai media mendeklarasikan diri dalam wadah Aliansi Jurnalis Probolinggo (AJP), Kamis (1/10), di Taman Maramis, Jalan AA. Maramis, Kelurahan Kanigaran, Kecamatan anigaran, Kota Probolinggo. (Foto:Istimewa)

PROBOLINGGO (beritaborneo.com)- Sekelompok wartawan yang tergabung dari berbagai media, baik cetak, elektronik maupun online di Probolinggo mendeklarasikan diri dalam wadah Aliansi Jurnalis Probolinggo (AJP), pada Kamis (1/10) di Taman Maramis, Jalan AA.Maramis, Kelurahan Kanigaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

“AJP berkomitmen menjaga kebebasan pers, memenuhi hak masyarakat atas informasi, menjunjung kode etik jurnalistik, bekerja secara profesional, dan berjuang demi kesejahteraan jurnalis, saya selaku Ketua AJP tidak ingin terjadi gesekan antar sesama Jurnalis, kita harus kompak,” pinta ketua AJP Slamet Fahrul Mozza ditengah-tengah acara deklarasi.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin melalui Asisten Administrasi Umum (Asdum) Budiono Wirawan, dalam arahannya menegaskan pers adalah pilar ke empat dalam demokrasi di Indonesia setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif.

“Saya berharap, pers ini nantinya mampu menjadi pilar ke empat dalam demokrasi kita, sehingga aspirasi dan kepentingan masyarakat tercover dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, peran pers dewasa ini sangat berpengaruh terhadap terhadap perkembangan pemberitaan pembangunan dan pemerintahan. Untuk itu, lanjutnya, ia berharap insan pers yang ada di Kota Probolinggo dapat menjalankan perannya dengan baik. “Semoga pers yang tergabung dalam AJP ini dapat bersinergi dengan Pemkot Probolinggo dengan baik,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Budi juga mengajak insan pers senantiasa memupuk kesadaran dalam berkomitmen untuk selalu menjalankan kode etik jurnalistik, menjaga marwah organisasi, kredibilitas, integritas dan profesionalitas.

“Mari bersinergi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Probolinggo. Karena insan pers juga mempunyai peran dalam pembangunan daerah. Termasuk menekan sebaran berita hoax yang sangat mempengaruhi masyarakat. Kami tunggu program-programnya,” tandasnya.

Giat itu berlangsung khidmat dan singkat. Dimana Asdum didampingi Staf Ahli Didik Sunaryoto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Aman Suryaman dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota dan Kabupaten Probolinggo, menyematkan seragam AJP, berupa rompi warna merah dan putih dengan kombinasi batik di bagian tengahnya, kepada Ketua AJP Slamet Fahrul Moza, dan melepas balon ke udara sebagai bentuk sinergitas AJP dengan Pemkot Probolinggo dan Forkopimda.

Deklarasi AJP “Berbagi dan Berbuat” merupakan organisasi yang pertama kali terbentuk sejak 3 bulan lalu, tepatnya pada tanggal 14 Agustus 2020. Secara aklamasi AJP ditetapkan di salah satu tempat di Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo pada tanggal 20 Agustus 2020, dan di nahkodai oleh Slamet Fahrul Mozza. (Rachmat Effendi)

516 kali dilihat, 13 kali dilihat hari ini

About Biro Kalbar

Biro Kalbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa