Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / Belajar Jurnalistik hingga Proses Percetakan

Belajar Jurnalistik hingga Proses Percetakan

 

kunjungan

Wartawan kedatangan tamu dari Samarinda. Kali ini Ganesha College Samarinda yang bertandang ke Gedung Biru wartawan, Km 3,5, Jalan Soekarno-Hatta, Balikpapan, Sabtu (31/5). Puluhan mahasiswa itu berkunjung ke media ini untuk mengetahui proses membuat berita, percetakan hingga pemasaran koran ini.

ROMBONGAN itu dipimpin Iswati yang juga sebagai kepala Bidang Akademik Ganesha College Samarinda. Para mahasiswa disambut Manajer IT Kaltim Post Umar Baki dan redaktur Wartawan Romdani. Berkunjung ke Gedung Biru, mahasiswa juga melihat-lihat ruang redaksi media ini. Selama hampir satu jam di ruang itu, mahasiswa mendapat penjelasan dari Romdani mengenai proses pembuatan berita.

Mulai merencanakan pemberitaan, peliputan hingga proses cetak. Tak ketinggalan, kru XpResi Wartawan juga menjelaskan seputar konten berita dalam halaman anak muda itu. Peserta studi tur itu juga melihat ruang mesin percetakan wartawan. Sayang, karena berkunjungnya pada pagi hari, mereka hanya mendapat penjelasan proses percetakan. Sebab percetakan mulai bekerja pada malam hari.

Kunjungan yang dimulai pukul 11.00 Wita hingga 12.30 Wita itu juga mendengar pemaparan Umar Baki seputar teknologi yang dikembangkan di anak perusahaan Jawa Pos ini. Umar juga menyampaikan, bahwa wartawan membuka peluang sebesar-besarnya kepada mahasiswa Ganesha College untuk bergabung ke media ini terutama yang semester akhir atau yang hendak lulus.

Sementara itu, Iswati mengaku, studi tur ke Gedung Biru ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan Ganesha College Samarinda tiap tahunnya. “Kami ingin mengetahui bagaimana proses pembuatan berita hingga pemasaran,” katanya. Studi tur ini, kata dia, untuk mencari ilmu bagi mahasiswa sebelum mengikuti proses pemagangan di berbagai perusahaan. “Kami total ada sebanyak 45 orang yang mengikuti studi tur ini,” jelasnya. [] RedFj/KP

1,560 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About Nursiah Nursiah

Nursiah Nursiah
Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa