Breaking News
Home / Berita Lainnya / Beras Lokal Makin Diminati

Beras Lokal Makin Diminati

indexUpaya mendongkrak produksi padi di Berau terus dilakukan pemerintah kabupaten melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan maupun dukungan penuh pada Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan. Hasilnya produksi padi terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2013 lalu tercatat produksi padi mencapai 44 ribu ton gabah kering giling.

Tidak hanya peningkatan secara kuantitas, namun pendampingan dalam upaya meningkatkan mutu atau kualitas beras yang dihasilkan dari pengembangan budi daya padi ini terus dilakukan. Mulai dari pendampingan dalam pengemasan produk maupun pemasaran. Hasilnya cukup memuaskan karena beras lokal saat ini semakin diminati. Bahkan penjualan beras lokal semakin banyak beredar di pasaran.
Masyarakat kini lebih banyak memilih beras lokal untuk dikonsumsi, karena selain jaminan kualitas juga sudah mudah untuk didapatkan di pasaran. Kualitas beras lokal ini diakui Ibnu Sina Asyari, mantan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau, yang selalu mengonsumsi hasil pertanian lokal ini. Menurutnya kualitas beras lokal tidak kalah dengan kualitas beras yang didatangkan dari daerah lain.
Terlebih yang memberikan jaminan adalah tidak ada penggunaan bahan pengawet dari beras lokal yang dipasarkan. “Saya selalu beli beras lokal karena kualitasnya bagus dan yang pasti tidak ada pengawetnya karena langsung dari petani,” ungkap Ibnu Sina saat ditemui membeli beras lokal di agen CV Merak Mitra Unggul, penyalur beras lokal, Jalan Niaga Tanjung Redeb.
Beras yang dihasilkan petani lokal ini juga memberikan pilihan beragam, di antaranya beras dari hasil produksi sawah maupun beras gunung yang berasal dari wilayah pedalaman Bumi Batiwakkal. Beras gunung ini, menurut Ibnu, yang paling disukai. “Beras gunung ini yang rasanya memang lebih enak,” ungkapnya.
Sementara Aking dari agen CV Merak Mitra Unggul yang selama ini menjual beras hasil petani lokal, mengatakan jika kualitas beras lokal memang tak kalah tanding dengan beras dari luar daerah. Terlebih dengan teknologi pengelolaan yang dilakukan pihaknya dengan para petani sebagai mitra, semakin menciptakan kualitas beras yang lebih baik.
Kini pihaknya telah memiliki mesin penggilingan yang menjaga kualitas beras dengan baik. “Kita terus bekerja sama dengan petani lokal untuk mendukung pemasaran beras lokal dengan merek Merak,” tandasnya. [] RedFj/KP

About Nursiah Nursiah