Breaking News
Home / Fokus / Cegah Banjir, Pj. Kades Ambulu, Sumberasih, Probolinggo Ajak Warga Kerja Bakti

Cegah Banjir, Pj. Kades Ambulu, Sumberasih, Probolinggo Ajak Warga Kerja Bakti

 

GOTONG ROYONG : Warga Desa Ambulu dibantu warga Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo bergotong royong guna mencegah banjir, kegiatan ini berlangsung pada Kamis (12/11) (Foto : Tofa)

PROBOLINGGO (beritaborneo.com) – Warga Desa Ambulu dibantu warga Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo melakukan kerja bakti bersama, pada Kamis (12/11) sekira pukul 07.00 pagi sampai  dengan 09.00 wib untuk membersihkan lingkungan dan titik-titik area yang diduga rawan air mengendap apabila hujan dan tumpukan sampah.

Sementara itu Pj. Kepala Desa Ambulu, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo Bambang Purwanto yang dikenal sangat dekat dengan warganya, serta dekat dengan seluruh stafnya terlihat ikut bergotong royong bersama membersihkan rumput yang sudah meninggi serta sampah yang menyumbat disaluran air. Kegiatan kerja bakti tersebut difokuskan di Jalan Desa Dusun Kramat  yang berbatasan dengan Desa Sumberbendo.

”Ya, cuaca saat ini sangat ekstrem, dan selokan kali, saluran irigasi adalah aliran air yang perlu diperhatikan jika tersumbat khawatir menimbulkan luapan air yang akan membanjiri jalan serta akan merusak aspal,’’kata Bambang Purwanto disela-sela kegiatan kerja bakti.

Berdasarkan pantauan wartawan beritaborneo.com, kerja bakti ini disambut antusias warga yang bergotong royong untuk membersihkan gorong-gorong, selokan air kali, saluran irigasi dan area jalan lingkungan yang rusak.

Menurut Bambang Purwanto kegiatan yang dilaksanakan bersama staf atau seluruh perangkatnya dan warga bertujuan mengantisipasi musim penghujan dan mencegah banjir yang menggenangi jalan desa akibat saluran irigasi atau drainase yang tersumbat oleh sampah, termasuk juga pada acara kerja bakti tersebut melakukan  perbaikan saluran yang kurang dalam dan membersihkan ranting-ranting pohon yang mengganggu keindahan lingkungan.

Dirinya juga menghimbau kepada warganya untuk secara bersama-sama melakukan pembersihan dan jangan sembarangan membuang sampah.

”Kebersihan itu adalah sebagian daripada iman, untuk itu tidak ada salahnya kita melakukannya secara gotong-royong karena kalau lingkungan bersih, maka hati kita juga sudah pasti bersih,” ujar Pj. yang akrab disapa Pur ini.

kegiatan yang dilakukannya bukan hanya jelang datangnya musim hujan dan cuaca ekstrem tetapi sudah menjadi agenda pemerintah Desa Ambulu. Tergantung kondisi yang akan dibersihkan. Umpama jalan, kalau rumput dipinggir kiri kanannya sudah mulai lebat rumputnya, yah sudah pasti dibersihkan lagi secara seksama.

Ia juga berharap kepada seluruh masyarakat agar tetap rukun damai, menjaga silaturahmi dengan baik, sehingga dapat beribadah dengan baik pula.

Sementara itu, salah satu warga Desa Ambulu yang enggan disebutkan namanyamengatakan kepada wartawan beritaborneo.com dirinya beserta warga Dusun Kramat lainnya sangat mengapresiasi kepala desa yang mau turun tangan langsung berbaur dengan masyarakat bergotong royong.

”Kami sangat mengapresiasi kepada Pj. Kepala Desa Ambulu, Bambang Purwanto, beliau selalu turun tangan setiap ada kegiatan yang dilaksanakan oleh warga desanya,” katanya.

Menurutnya,  bukan hanya kerja bakti namun kegiatan- kegiatan yang lain juga kepala desa selalu turun tangan” pungkasnya. (Tofa)

 

 

89 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About Biro Kalbar

Biro Kalbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa