Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / Cegah Kejahatan Jelang Pilpres

Cegah Kejahatan Jelang Pilpres

 

polda-sumsel-razia-antisipasi-kejahatan-jelang-pilpresKeamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pemilihan presiden (Pilpres) terus dijaga. Untuk itulah, aparat kepolisian aktif melakukan pencegahan tindak kejahatan, salah satunya melalui razia kendaraan bermotor yang digelar Satlantas Polres Balikpapan.

Razia dikemas dalam Operasi Mantap Bharata digelar di halaman embarkasi Haji, Batakan, Rabu (11/6) sore kemarin.  Tak pelak dengan adanya gelaran razia secara dadakan, mengejutkan para pengendara roda dua dan empat yang melintasi depan asrama haji. Beberapa pengendara mencoba menghindari razia, namun berkat kesigapan petugas Satlantas Polresta Balikpapan tak ada satupun yang lolos.

Di Kecamatan Balikpapan Timur memang jarang dilakukan razia kendaraan bermotor, sehingga banyak yang terjaring razia karena tidak patuh berlalu lintas. Seperti tidak menggunakan helm, tidak memakai safety belt, motor tidak menyalakan lampu dan surat motor tidak lengkap.

Ipda Murshal yang memimpin razia mengatakan, razia tidak hanya pemeriksaan kelengkapan surat menyurat seperti SIM, STNK. Tetapi menyangkut safety Riding dan barang bawaan baik pengendara roda empat (R-4) dan  roda dua (R-2). “Pemeriksaan barang bawaan untuk mewujudkan ketertiban keamanan masyarakat terutama jelang memasuki Pilpres dan menghadapi Bulan Suci Ramadan,” tegasnya.

Apakah juga termasuk peredaraan dan penyalahgunaan narkoba? “Benar sekali, kami periksa barang bawaan siapa tahu ada yang membawa narkoba, sajam atau barang kejahatan lainnya,” imbuh Murshal.

Murshal mengungkapkan, dari hasil razia, banyak ditemukan pengendara tidak dilengkapi surat kendaraan, masih banyak tidak mengenakan helm dan safety belt. Polantas tidak menemukan narkoba, sajam dan barang kejahatan lainnya.   “Razia tidak perlu dihindari apabila pengendara merasa tertib dan patuh berlalu lintas,” tegas Murshal. [] RedFj/BP

1,209 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About Nursiah Nursiah

Nursiah Nursiah
Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa