Rabu , November 21 2018
Breaking News
Home / Kalimantan Barat / Dibuatkan Jamban Oleh TNI, Ini Ungkapan Warga Parit Bugis

Dibuatkan Jamban Oleh TNI, Ini Ungkapan Warga Parit Bugis

 

Warga Jalan Parit Bugis, Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat mendapatkan pengarahan dari prajurit Penerangan Kodam XII/Tanjungpura sebelum melakukan karya bakti pembuatan dua buah Jamban (Foto:Pendam XII/Tpr)

KUBU RAYA-Lingkungan bersih dan sehat merupakan gambaran tingkat kesehatan lingkungan yang bersih, sehingga para penghuninya jauh dari berbagai penyakit dan dapat menikmati hidupnya dengan lingkungan bersih. Hal ini harus didukung dengan lingkungan dan pola  hidup bersih para penghuninya.

Tak ayal puluhan Prajurit Penerangan Kodam XII/Tanjungpura melakukan karya bakti pembuatan dua buah Jamban Warga di Gang Daiman RT 01/RW 03 Kampung Parit Bugis, Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya, Kalimantan Barat.

Kegiatan tersebut dibenarkan adanya oleh Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, S.Sos, pada sejumlah awak media usai menyerahkan kunci kepada dua warga Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya, dikatakannya di Media Center Kodam XII/Tanjungpura, Jalan Teuku Umar No 47 Pontianak, Kalbar, Selasa (23/1/2018).

Lanjut Kapendam mengatakan,  bahwa  Prajurit Pendam XII/Tanjungpura dalam kegiatan tersebut selain membantu masyarakat kurang beruntung juga memberikan pemahaman tentang kesadaran pola hidup sehat kepada masyarakat, satu diantaranya menyampaikan pentingnya keluarga harus memiliki jamban di rumah masing-masing yang layak dan bersih.

“Ini adalah termasuk dalam program Kodam XII/Tanjungpura melalui program Jambanisasi, dan ini sebagai bentuk nyata kepedulian TNI AD kepada masyarakat juga sebagai bentuk pendekatan antara TNI AD dan masyarakat,” terangnya.

Untuk bantuan pembuatan jambanisasi di Kampung Kapur diberikan kepada dua warga yaitu kepada keluarga pak Paizal dan keluarga pak Sholeh. Namun, tidak hanya sekedar pendanaan saja, prajurit Pendam XII/Tanjungpura terjun langsung membuatkan jamban tersebut hingga selesai, tandasnya.

“Langkah ini diharapkan agar dapat diikuti oleh warga lainnya, dan ini akan secara bertahap terus dilakukan oleh Kodam XII/Tanjungpura melalui jajarannya kepada warga atau masyarakat yang berhak mendapatkannya,” harap Kapendam XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti.

Di tempat yang berbeda, Paizal (39) warga Gang Daiman  RT 01/RW 03 di Kampung Parit Bugis Desa Kapur Kecamatan Sungai Raya. “Kami sangat berterima kasih kepada Bapak TNI dan Kodam XII/Tanjungpura, atas bantuan pembuatan jamban ini, yang sangat bermanfaat dan berguna bagi kami sekeluarga,” ucap Paizal sembari tersenyum saat ditanya oleh awak media di rumahnya.

Ia pun menyampaikan ulang terimakasihnya, karena kata Paizal selain dibuatkan jamban, juga diberi pemahaman oleh Bapak TNI tentang pentingnya rumah harus memiliki jamban. “walaupun sebentar penyampaiannya, namun bagi kami sekeluarga dapat ilmu baru yang yakin bermanfaat bagi kami semua, terima kasih Bapak TNI, terima kasih Bapak Pangdam,” tukas Paizal. (Pendam XII/Tpr/Rachmat Effendi).

32 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa