Breaking News
Home / Berita Lainnya / Ditengah Keterbatasan, LP. Bustanul Ulum Mampu Mencerdaskan Warga Desa Andungbiru

Ditengah Keterbatasan, LP. Bustanul Ulum Mampu Mencerdaskan Warga Desa Andungbiru

 

Pimpinan Lembaga Pendidikan (LP) Bustanul Ulum, Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Abdussalam (kiri) (Foto:Rachat Effendi)

PROBOLINGGO (beritaborneo.com) – Walaupun berada jauh dari keramaian kota, ada sebuah Lembaga Pendidikan (LP) berdiri secara mandiri dan tidak menggantungkan bantuan pemerintah, lembaga tersebut diberi nama Bustanul Ulum terletak di Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, berdiri sejak 2006 silam.

Saat ini LP. Bustanul Ulum dibantu oleh sekitar 18 tenaga guru dari berbagai disiplin ilmu dengan mengacu pada Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, dan peserta didik sekitar 150 murid. Bidang keilmuan yang diajarkan di LP.Bustanul Ulum, yakni Nahwu shorrof, Fiqih Islam, Syafina dan Bahasa Arab.

Secara geografis LP. Bustanul Ulum terletak diketinggian kurang lebih 700 meter diatas ketinggian laut, praktis berhawa sejuk dengan intensitas hujan cukup tinggi.

“Walaupun lokasi kami cukup jauh dari keramaian kota, Alhamdulillah anemo masyarakat sekitar Desa Andungbiru dan sekitar Kecamatan Tiris menimba ilmu di LP. Bustanul Ulum cukup tinggi, apalagi kami mempunyai Rumah Baca sebagai pusat informasi dan belajar masyarakat,’’kata Ustad Abdussalam, pimpinan LP. Bustanul Ulum, ditemui wartawan Beritaborneo.com , Rabu (25/3/20),di kediamannya.

Salah seorang ustad Ponpes Bustanul Ulum sedang mengajar kitab, diikuti para santriwan/santriwati. (Foto:Rachmat Effendi)

Menurutnya, sejak berdirinya Rumah Baca Bustanul Ulum pada 2018 silam, ternyata memberikan efek positif bagi warga Desa Andungbiru. Jika sebelumnya agak terbelakang dalam hal pengetahuan, sekarang dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) ada peningkatan yang cukup signifikan.

“Keberadaan kami disini masih kurang dilirik oleh pemerintah Kabupaten Probolinggo, untuk itu kami mohon dibantu dalam hal penyediaan fasilitas baik berupa pengadaan lokal kelas, termasuk pembangunan infrastruktur jalan menuju pesantren Bustanul Ulum agar segera diperbaiki,’’ujar bapak satu anak ini. (Rachmat Effendi)

80 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About Biro Kalbar

Biro Kalbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa