Selamat !! Gubernur Kalbar Nikahkan Putri Kandungnya

IJAB QABUL : Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, SH, M.Hum menikahkan puteri kandungnya yang digelar dikediaman pribadi Jalan M. Syafei, Komplek Universitas Tanjungpura Pontianak sekitar pukul 09.00 WIB.(Foto:Ist)

PONTIANAK (Beritaborneo.com)-Prosesi akad nikah putri kedua Gubernur Kalbar Sutarmidji, Ayu Dwiputri Sulistiya dengan Adil Prawira Budiman berlangsung hikmat dan penuh haru, Jumat (22/7) pagi.

Acara pernikahan tersebut digelar di kediaman pribadi Gubernur Kalbar Sutarmidji di Jalan M. Syafei, Komplek Universitas Tanjungpura Pontianak sekitar pukul 09.00 WIB.

Mantan Ketua DPD RI, Oesman Sapta Oedang dan Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro hadir menjadi saksi pernikahan kedua pasangan dalam proses akad nikah yang sakral tersebut.

Sejumlah pejabat dan tamu penting lainnya juga tampak hadir pada acara pernikahan yang digelar dengan tema perpaduan budaya Melayu dan Banjar itu.

Saat prosesi akad nikah, kedua mempelai menggunakan pakaian khas adat budaya Melayu serba putih. Keduanya dinyatakan sah menjadi pasangan suami istri setelah ijab kabul diucapkan.

Adapun mahar yang diberikan Adil Prawira Budiman dalam mempersunting Ayu Dwiputri Sulistiya yakni perhiasan emas seberat 99 gram.

Suasana haru terjadi saat kedua pasangan pengantin melakukan sungkeman kepada orang tua dan sanak keluarga mereka. Keduanya tak kuasa menahan tangis saat bersimpuh dan mencium tangan orang tua mereka.

Lismayani Sutarmidji dan ibunda Adil Prawira Budiman pun tampak berurai air mata. Sesekali mereka mengelap air matanya dengan tisu. Rona wajah haru juga tampak dari sejumlah tamu undangan lainnya yang hadir.

Seperti umumnya sebuah resepsi pernikahan dari masyarakat Indonesia yang masih melaksanakan adat istiadatnya, terutama adat budaya Melayu di Kalbar, usai sungkemen acara dilanjutkan dengan cucur air mawar.

Prosesi cucur air mawar ini adalah sebagai tanda restu dari orang yang dituakan. Dalam ritualnya, anggota keluarga yang dituakan dari kedua belah pihak menyiramkan atau mempercikan air dari wadah sejenis tembaga ke telapak tangan pengantin, dengan disertai doa semoga kedua mempelai mendapat keberkahan dari pernikahanya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono turut menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan mempelai Ayu dan Adil atas pernikahannya. Ia mendoakan pasangan yang telah melangsungkan akad nikah itu menjadi pasangan yang sejati dunia akhirat.

“Semoga dikaruniai keturunan yang saleh dan salehah serta menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah,” ucapnya.

Begitu pula dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalbar Harisson, menyampaikan ucapan selamat atas pernikahan keduanya.

Harissson mendoakan agar Ayu dan Adil selalu diberkahi, baik saat waktu bahagia maupun di waktu susah dalam bahtera rumah tangga.

“Semoga Allah selalu memberkahi kedua mempelai, baik di waktu bahagia maupun di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kedua mempelai dalam kebaikan, Amin Ya Rabbal Alamin,” ucap Harisson.

Sementara Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi juga memberikan ucapaan selamat atas pernikahan putri kedua Gubernur Kalbar Sutarmidji yakni Ayu Dwiputri Sulistya dengan Adil Prawira Budiman.

“Atas nama pribadi, keluarga dan lembaga saya mengucapkan selamat atas pernikahan Ayu Dwiputri Sulistya dengan Adil Prawira Budiman,” ucap Direktur Bank Kalbar Rokidi.

Dirinya menyampaikan doa agar Ayu dan Adil menjadi keluarga sakinah, mawadah, warahmah dalam ridha illahi. Kemudian Ayu Dwiputri Sulistya dengan Adil Prawira Budiman bisa selalu bahagia di dunia hingga akhirat.

“Kita sama-sama doakan yang terbaik untuk keduanya,” jelasnya.

Digelar Terbatas

Gubernur Kalbar Sutarmidji sebelumnya telah mengumumkan akan menikahkan putri keduanya, apt. Ayu Dwi Putri Sulistya, S.Farm, dengan apt. Adil Prawira Budiman, S.Farm, putra dari Ir. Jauhar Budiman MM, pada Jumat (22/7/2022).

“Akad nikah akan dilangsungkan di kediaman kami di Jalan M. Syafei, Komplek Universitas Tanjungpura dengan saksi nikah Bapak DR. Oesman Sapta Odang dan Bapak Kapolda Kalbar,” ucap Sutarmidji pada Kamis (21/7).

Sutarmidji mengatakan bahwa prosesi akad nikah tersebut akan dilakukan secara terbatas. Dia tidak mengundang tamu dari luas Provinsi Kalbar dan hanya akan dihadiri Forkompimda dan sesepuh dari dua belah pihak.

“Pertimbangan tidak mengundang dari luar karena saya ingin pernikahan ini sederhana saja yang penting khidmat. Hiburan pun di acara akan nikah tanjidor dan tar saja. Tetap dengan protokol kesehatan dengan jaga jarak dan yang dari luar kota diantigen,” tambahnya.

Adapun pasca resepsi akad nikah akan digelar acara syukuran untuk keluarga besar dan tetangga yang akan dilaksanakan setelah salat Jumat. Sementara untuk kolega serta lainnya akan dilangsungkan di Qubu Resort, Jalan Arteri Supadio, Kabupaten Kubu Raya, pada Sabtu (23/7).

Acara resepsi tersebut akan berlangsung dalam dua sesi, yaitu pukul 15.15-17.00 WIB dan 17.55-20.00 WIB.

Sutarmidji pun meminta doa dari masyarakat Kalbar khsususnya, agar hajatan dan acara sakral dalam kehidupan putrinya itu berjalan lancar hingga mengarungi biduk rumah tangga ke depan.

“Saya mengundang terbatas, resepsi pernikahan pada 23 Juli di Qubu Resort, mohon doa pada masyarakat agar hajatan ini berjalan lancar,” tutupnya.

Diketahui, putrid kedua Gubernur Kalbar Sutarmidji, Ayu Dwi Putri Sulistya merupakan seorang apoteker yang lahir di Kota Pontianak 9 November 1998. Pada tahun 2022 ini dia berusia 23 tahun dan akan menginjak usia 24 tahun pada bulan November mendatang.

Dia dipersunting oleh Adil Prawira Budiman yang juga merupakan seorang apoteker kelahiran Jakarta 10 Desember 1996.

Gubernur Sutarmidji menyebutkan, sang calon menantu Adil Prawira Budiman merupakan putra asal Banjar. Kedua orang tua Adil juga merupakan orang Banjar. Namun karena tugas orangtuanya, menyebabkan harus berpindah-pindah sehingga dia lahir di Jakarta.

“Acara pernikahan ini akan dilangsungkan dengan konsep perpaduan antara budaya Melayu dan Banjar,” katanya. (rac)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.