Breaking News
Home / Berita Lainnya / Kalbar Jadi Lokasi World Mangrove Center Tingkat Dunia

Kalbar Jadi Lokasi World Mangrove Center Tingkat Dunia

 

Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si selaku Asisten Deputi Pengelolaan Produk Kehutanan dan Jasa Lingkungan, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Kemenko Marves RI . (Foto : Saidi Akbar)

PONTIANAK (beritaborneo.com)- Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si selaku Asisten Deputi Pengelolaan Produk Kehutanan dan Jasa Lingkungan, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Kemenko Marves RI mengatakan, Kalimantan Barat menjadi  salah satu calon lokasi world mangrove center tingkat dunia untuk Indonesia.

“Kalimantan Barat ini hutan terluas terbesar kedua setelah Papua, ini berperan sebagai paru-paru dunia dan juga sebagai penyerapan karbon dalam artian penyerapan karbon,’’ujar Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si, disela-sela acara Bersama Menjaga Hutan Indonesia, Rabu (14/10), di Hotel Golden Tulip Pontianak.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan ini sebenarnya untuk mengonversi kegiatan kegiatandalam upaya menjaga hutan Indonesia, juga berkaitan dengan pengentasan program pengentasan kemiskinan serta pemberantasan illegal logging.

“Kegiatan Ini dilaksanakan di Kalimantan Barat karena disini menghadapi persoalan yang kompleks termasuk illegal logging disamping berperan sebagai paru-paru dunia dan juga sebagai penyerapan karbon,’’tegasnya.

Seperti diketahui kata Farianna Prabandari, Kalimantan Barat juga  mempunyai program perhutanan sosial dalam rangka pegentasan kemiskinan di sekitar kawasan hutan itu yang cukup sukses dan  bisa menjadi percontohan dari provinsi lain terutama diluar Jawa.

Namun lanjut Farianna Prabandari, untuk regulasi terkait pengentasan kemiskinan perhutanan dan penegakan hukum dan percepatan dari implementasi itu bagaimana pengentasan kemiskinan disekitar kawasan hutan maupun pemberantasan illegal logging dan tindak pidana kehutanan itu tidak bisa dilaksanakan oleh satu kementerian atau lembaga saja ,tapi harus lintas kementerian dan perlu dukungan TNI/POLRI.

Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Kemenko Marves RI, ini diharapkan berperan dalam memfasilitasi percepatan itu sebelum itu kan kita harus tahu permasalahan data informasi dan yang terkait hal itu dan hari ini itu untuk mencari itu dan diharapkan untuk kita selain tindak memfasilitasi terkait dengan percepatan juga barangkali ada regulasi yang perlu ditambahkan untuk mendukung percepatan itu untuk bisa kita fasilitasi karena tugas kementerian kemaritiman ini sebagai koordinator ya, tugasnya itu bukan kementerian teknis ya tapi terkait dengan koordinasi, sinkronisasi,pengurusan pengendalian kebijakan terkait dengan isu-isu bidang kemaritiman. (Saidi Akbar)

122 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About Biro Kalbar

Biro Kalbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa