Selasa , Juli 23 2019
Breaking News
Home / Kalimantan Selatan / Banjarmasin / Kepala Satpol PP Dituding Tipu Warga

Kepala Satpol PP Dituding Tipu Warga

 

BANJARMASIN – Tiga bangunan liar di Jalan Simpang Hasanuddin HM I dibongkar Satpol PP, belum lama ini (28/4). Warga setempat marah karena merasa dibohongi Ichwan terkait tenggat waktu pembongkaran.

“Janjinya tanggal 30 April, ini baru tanggal 28. Saya sudah kasih tunjuk suratnya ke muka Ichwan, jelas sekali tanda tangannya. Kok dia malah pura-pura tidak tahu,” ujar Rahimah (36) dengan sengit. Rumah ibunya, Kurnia (65), kena pembongkaran oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Surat yang diberi ke warga tak sesuai praktik aparat Satpol di lapangan

Kurnia mengaku sudah 30 tahun tinggal di situ. Beberapa bangli (bangunan liar) di situ dihuni oleh enam anak, 12 cucu dan menantu-menantunya. Diakuinya, tak satu pun warga punya alas hak. “Saya sudah tua, masih juga digusur-gusur,” ujar Kurnia.

Diceritakan Rahimah, janji itu diutarakan saat warga mendatangi Walikota  Muhidin awal April lalu. Kepala Satpol PP Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik pun ikut hadir.  Surat pemberitahuan pembongkaran sebelumnya sudah diterima warga pada Februari lalu dengan tenggat waktu 2 April.

Namun setelah pertemuan warga mendapat kelonggaran waktu hingga akhir April.“Selain itu, walikota juga janji mau ngasih uang santunan untuk biaya pembongkaran,” imbuh Rahimah.  Saat dikonfirmasi, Ichwan balik menuding wargalah yang berbohong. “Tertera akhir April, bukan 30 April,” tegasnya. Dalam surat peringatan yang dipersengketakan, memang tidak tertulis 30 April.

Dijelaskannya, mengenai santunan hanya akan diserahkan pemko jika warga mau membongkar sendiri. “Kalau akhirnya kami sendiri yang membongkar buat apalagi uang pembongkaran? Bongkar dulu, baru nuntut santunan,” imbuhnya. Satpol PP akan kembali ke sana untuk membongkar bangunan lainnya.

Jalan Hasanudin HM I tembus sampai ke Bundaran Hasanuddin HM dan Jalan Pos. Jalan Pos sebentar lagi dibuka pemko menjadi wisata kuliner. Alasan penggusuran, jalan itu direncanakan menjadi akses utama Jalan Pos. [] RedHP/RB

1,267 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa