Gayung Bersambut Sambas “Merdeka” dari Kegelapan

Masyarakat Dusun Gayung Bersambut, Desa Selakau Tua, Kecamatan Selaku Timur, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, sedang bergotong royong menyelesaikan jaringan listrik. (Foto : Humas)

SAMBAS (Berita Borneo)-Kami bersyukur dalam waktu dekat “merdeke” (logat Sambas) atau merdeka dari kegelapan. Itu satu di antara petikan dari warga Dusun Gayung Bersambut, Desa Selakau Tua, Kecamatan Selaku Timur, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Hadi Yudiarto.

Pasalnya dalam waktu dekat dusun mereka akan segera dialiri listrik. Saat ini proses pembangunan jaringan listrik hampir selesai.

Tentu, masuknya listrik PLN tidak semudah membalikan telapak tangan, banyak faktor serta kendala yang dihadapi, antara lain  adalah kondisi infrastruktur jalan yang tidak memadai, jumlah rumah warga yang akan dialiri listrik yang berpengaruh pada besaran nilai investasi yang akan dikeluarkan, serta proses perawatan dan perbaikan  paska terpasangnya jaringan  listrik nantinya. Dari penuturan warga perjuangan untuk memasukan listrik negara tersebut dilakukan sejak 12 tahun silam. Entah berapa kali pertemuan, rapat dan proposal diajukan agar desa mereka merdeka dari kegelapan.

Nah, bertepatan dengan HUT RI Ke- 74 akhirnya masa terang benderang sudah didepan mata. Pada September 2019 jika tidak ada halangan, masyarakat sudah dapat merasakan listrik dari PLN tersebut.

“Kita sebentar lagi merasakan merdeke. Merdeke dari kegelapan. Akhirnya kami merasakan listrik dari PLN,” ujar Hadi di Gayung Bersambut.

Selama ini, Hadi menyebutkan untuk penerangan dan penggunaan peralatan listrik di malam hari banyak warga menggunakan genset, waktu penggunaannya pun sangat terbatas, hanya sekitar dua atau tiga jam saja. Hal itu dikarenakan biaya operasionalnya cukup tinggi. Lampu pelita menjadi solusi.

“Tentu mahal kalau menggunakan genset. Untuk membeli solar kami harus mengeluarkan uang sekitar 20 ribu permalam, itupun hanya bisa dipakai untuk 3 jam saja, belum lagi untuk biaya perawatan jika sesekali gensetnya rusak. Pastinya perbulan kami harus mengeluarkan biaya antara 600 hingga 700 ribu rupiah. Bagi kami warga dusun pastinya terasa sangat berat,” kata dia.

Hadi dan beberapa warga lainnya, untuk mendukung masuknya listrik ke desa tersebut selain rela bergotong-royong untuk mengangkut material juga rela pohon sawitnya harus ditebang karena dilalui jaringan listrik. Ada sekitar 60 batang sawit miliknya dari sekitar 500-an batang sawit milik warga yang ditebang.

Setiap batang sawit tersebut satu Rupiah pun tidak ada tuntutan ganti rugi dari warga. Padahal sawit yang ada mayoritas sudah berproduksi atau sudah berumur sekitar 6- 8 tahun. Jika dikonversikan untuk ganti rugi diperkirakan warga yakni Rp. 800.000 – Rp. 1.000.000 per batang.

“Kami tidak mau ganti rugi, demi kepentingan bersama dan asal listrik masuk, kami ikhlas pohon sawit, karet dan lainnya ditebang tanpa ganti rugi,” jelas dia.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalbar, Agung Murdifi, khusus Dusun Gayung Bersambut, kendala terberat dan  menjadi salah satu  faktor daerah tersebut lama tersentuh listrik PLN adalah akses jalan. Jalan yang sempit dan jembatan yang ada tidak bisa dilalui oleh kendaraan yang memasukan material seperti tiang, trafo dan kabel listrik.

Namun, pada 2019 ini tantangan yang ada terjawab dengan komitmen dan kerelaan warga yang bersedia untuk bergotong – royong mengangkut material. Masyarakat dengan rela dan ikhlas tanpa dibayar bahu membahu memikul tiang listrik agar bisa masuk ke dusunnya. Bahkan untuk menyeberang sungai melalui air, tiang harus diberi pelampung dan dibawa melalui sungai.

“Ini merupakan hal yang luar biasa. Saya mengapresiasi Kerelaan dan keikhlasan seluruh warga dalam membantu dan bersinergi dengan para pekerja dalam mensukseskan pelaksanaan proyek lisdes tersebut,” ungkap Agung.

Diakuinya, untuk mengalirkan listrik ke Dusun Gayung Bersambut, PLN  membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 8,586 kms dan jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 5,597 kms serta 2 unit gardu distribusi dengan total kapasitas sebesar 200 kVA. Keseluruhan pembangunan jaringan listrik menelan biaya sekitar 2,8 milyar rupiah.

Agung juga mengingatkan kepada seluruh warga agar berhati-hati jika ada oknum tertentu yang akan mengambil keuntungan dengan cara illegal namun merugikan warga pasca selesainya pembangunan jaringan listrik. Terutama yang terkait dengan proses permohonan pasang baru.

“Jangan mudah percaya jika ada oknum yang menawarkan jasa bisa mengurus pasang listrik dengan cara yang mudah, cepat dan murah namun ujung-ujungnya merugikan masyarakat. Nanti akan ada sosialisasi resmi dari PLN Unit Layanan setempat terkait proses pengajuan pasang baru serta berapa biaya yang harus dikeluarkan warga,” tegas Agung.

Pemdes Sambut Baik

Pemerintah Desa Selakau Tua melalui Kepala Dusun Gayung Bersambut, Yanto mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik dan penuh suka cita dengan program Lisdes PLN. Pasalnya apa yang ada adalah harapan terbesar dan cita – cita seluruh masyarakat untuk bisa menikmati listrik seperti warga desa atau dusun lainnya di NKRI.

Ia pun sangat mengapresiasi dukungan, kekompakan dan kerjasama dari berbagai pihak dalam mendukung Program Lisdes dari PLN sehingga bisa terealisasi dengan cepat. Menurutnya tanpa dukungan dan gotong – royong warga maka entah kapan dusun mereka merdeka dari kegegelapan.

“Kami dari masyarakat dan Pemdes telah berjuang 12 tahun untuk mengusulkan adanya listrik di dusun kami ini. Alhamdulillah dan terima kasih kepada PLN dan masyarakat serta pihak yang telah mendukung ini semua,” ucap dia.(Rachmat Effendi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com