Peringati Hari Aksara Internasional, PLN Berikan Bantuan Rp253 juta

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, SH, M.Hum bersama General Manager PLN UIW Kalimantan Barat, Agung Murdifi, dalam kegiatan Hari Aksara Internasional memberikan bantuan untuk sarana dan prasarana, bertempat di Rumah Pintar Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (30/10) (Foto:Istimewa)

KUBU RAYA (beritaborneo.com)-PLN UIW Kalimantan Barat melalui program PLN Peduli menyerahkan bantuan sebesar Rp 253 juta untuk bantuan Sarana & Prasarana Kampung Literasi, Pengembangan Bank Sampah Rosella, Pelatihan Wirausaha Disabilitas dan Pengembangan Desa Wisata. Bantuan tersebut diberikan bersamaan dengan peringatan Hari Aksara Internasional yang digelar di Rumah Pintar, Rasau, Kabupaten Kubu Raya pada Rabu (30/10).

Bantuan diberikan masing-masing senilai Rp 50 juta untuk Sarana dan Prasarana Kampung Literasi Selamat, Rp 53 juta untuk Pengembangan Bank sampah Rosella, Rp 100 juta untuk Pelatihan Wirausaha Disabilitas dan Rp 50 juta untuk Pengembangan Desa Wisata Rajati Flower Garden. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalimantan Barat kepada para penerima program PLN Peduli.

General Manager PLN UIW Kalimantan Barat, Agung Murdifi, mengatakan bahwa bantuan tersebut diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pemberdayaan masyarakat. “Dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional, pada hari ini kami menyerahkan beberapa bantuan yang semoga bermanfaat bagi masyarakat. Ini merupakan wujud tanggung jawab sosial PLN,” kata Agung.

Ia menambahkan, pemberian bantuan seperti Kampung Literasi akan meningkatkan minat membaca bagi masyarakat. “Kegiatan membaca merupakan pondasi agar masyarakat memiliki pemahaman yang utuh, serta membentuk masyarakat pembelajar. Di kampung literasi ini memiliki 6 kecakapan literasi yakni literasi baca tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), literasi keuangan serta literasi budaya dan kewarganegaraan,” tambah Agung.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Sutarmidji mengapresiasi upaya PLN karena turut membangun masyarakat Kalimantan Barat melalui program PLN Peduli.

“Terimakasih kepada PLN karena sudah turut serta untuk membangun masyarakat Kalimantan Barat melalui program PLN Pedulinya, semoga dapat dimanfaatkan oleh penerima bantuan dengan baik,” ungkap Midji.

Pihaknya mengatakan bahwa Hari Aksara Internasional, berkaitan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), karena lamanya orang belajar di Kalimantan Barat baru mencapai 7,2 tahun, tapi harapan untuk pendidikan lanjutan bagi anak yang berumur 18 tahun kebawah itu sudah mencapai 16 tahun dan itu sudah bagus, tetapi untuk usia 25 tahun ke atas rata-rata baru sekitar 7,2 tahun. (Rachmat Effendi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com