Sinergisitas PLN-TNI Dorong Percepatan Pembangunan Kelistrikan di Kalbar

Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Barat pada Selasa (14/1). (Foto:Rachmat Effendi)

KUBU RAYA (BERITABORNEO.COM)- TNI siap dukung percepatan pembangunan kelistrikan di Kalbar. Demikian yang diungkapkan Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Barat pada Selasa (14/1).

Kunjungan Pangdam ke PLN dalam rangka meningkatkan hubungan silahturahim antara PLN dan Kodam XII Tanjungpura sekaligus merupakan salah satu langkah implementasi MoU yang telah ditandatangani oleh Dirut PLN dan Panglima TNI pada tahun 2019 lalu.

Terkait kerjasama yang telah disepakati, Nur Rahmad menyebutkan, bahwa sinergitas antara PLN dan TNI dalam mempercepat pembangunan kelistrikan di Kalbar sangat diperlukan karena listrik merupakan kebutuhan mendasar yang sangat berpengaruh bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Meskipun listrik menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat namun dampak pembangunannya harus dilihat dari berbagai aspek, agar masyarakat benar-benar merasakan dampak positifnya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi mereka,”  Kata Nur Rahmad.

Diakuinya, bentuk kerjasama yang dilakukan juga dapat berupa kegiatan-kegiatan sosialisasi terkait masalah kelistrikan melalui jajaran Kodam XII Tanjungpura yang ada di kota hingga di pedesaan, sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi tentang kelistrikan.

“Saya mengapresiasi penyebaran informasi yang dilakukan oleh PLN kepada masyarakat melalui WAG PLN Menyapa. Kegiatan sosialisasi seperti ini perlu dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui informasi terkait masalah kelistrikan. Saya berharap kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat terus ditingkatkan dari waktu ke waktu,” imbuh Nur Rahmad.

Sementara itu, General Manager PLN UIW Kalimantan Barat, Agung Murdifi, menyampaikan kesiapan PLN untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Kalbar.

Menurutnya, peluang pertumbuhan ekonomi di Kalbar masih cukup tinggi. Indikasi tingginya ekonomi masyarakat dapat dilihat dari seberapa besar konsumsi energi listrik yang dipakai oleh masyarakat.

“Saat ini PLN memiliki cadangan daya jauh diatas rata-rata kebutuhan listrik masyarakat. Kami terus berupaya untuk menjaga keandalan pasokan listrik serta  meningkatkan kemudahan aksesibilitas masyarakat dalam mendapatkan listrik,” ungkap Agung.

Dikatakannya, sinergitas antara PLN dan TNI tentunya sangat dibutuhkan dalam menjaga dan meningkatkan keandalan pasokan listrik.

“Kami terus berusaha untuk terus melakukan peningkatan kualitas mutu layanan agar masyarakat dapat menikmati listrik dengan aman dan nyaman. Terus membangun infrastruktur kelistrikan hingga ke pelosok desa, agar semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati listrik dari PLN,” tandas Agung.

Senada, General Manager PLN UIP Kalbagbar, Rachmad Lubis mengatakan, saat ini terdapat dua koridor transmisi SUTT 150 kV Ketapang-Kendawangan yang melalui lahan milik TNI, yaitu di Desa Sungai Besar, Kecamatan Matan Hilir Selatan.

Melalui kerja sama yang telah dilakukan, izin pakai lahan telah didapatkan dan proses pembangunan proyek dapat berjalan lancar.

“Kerja sama ini juga dapat dikembangkan, misalnya dalam rangka pengamanan pekerjaan konstruksi dan saat mobilisasi material dan medan berat dengan menggunakan peralatan dan tenaga tambahan dari TNI. Percepatan penyelesaian pembangunan proyek kelistrikan dampaknya sangat besar bagi peningkatan mutu layanan kepada masyarakat, menurunkan BPP, meningkatkan neraca daya, dan lain-lain,” tegasnya.(Rachmat effendi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com