Membangun Sinergi TNI-Legislatif

MANUNGGAL TNI. Pangdam VI/Mulawarman Tri Budi Utomo tampak akrab berbicang dengan Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud dan Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun.

 

PARLEMENTARIA DPRD KALTIM – Dalam rangka mewujudkan sinergi pembangunan daerah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) dan Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun bertandang ke markas Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman di Jalan Jenderal Sudirman, Telaga Sari, Balikpapan.

Kedatangan kedua pimpinan DPRD Kaltim ini disambut baik Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI/Mularwarman Tri Budi Utomo. Mereka menggelar pertemuan di ruang kerja Pangdam, Kamis (22/09/2022), didampingi sejumlah pejabat Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Kodam.

Berkaitan dengan kunjungan kerja itu, Hasanuddin Mas’ud mengungkapkan tujuannya, yakni dalam rangka menjalin silaturahmi antara dengan TNI. “Membangun komunikasi dengan baik demi kepentingan Kalimantan Timur khususnya dalam rangka menjaga kondusifitas daerah,” ungkap Hasanuddin Mas’ud.

Dijelaskan anggota legislatif dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) ini, TNI memiliki peran strategis tidak hanya dalam rangka menjaga kesatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saja, akan tetapi juga turut menyukseskan program-program pemerintah dalam berbagai bidang untuk kesejahteraan masyarakat.

Contohnya sinergi yang telah dibangun saat negeri ini dilanda pandemi corona virus desease 2019 (covid-19), TNI bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah turut serta ambil bagian untuk melakukan penanggulangan, mulai dari penerapan pembatasan berskala mikro hingga pelaksanaan vaksinasi.

“TNI dan Polri sangat berkontribusi terhadap pelaksanaan percepatan pembangunan dalam arti luas sampai tingkat kelurahan dan desa. Mereka juga bergerak cepat ketika terjadi bencana di seluruh daerah,” ujar Hasanuddin Mas’ud, anggota legislatif yang berasal dari daerah pemilihan Kota Balikpapan ini.

Tanpa dukungan TNI, lanjut dia, pelaksanaan program pembangunan guna mencapai visi dan misi daerah akan sulit diwujudkan, oleh karena itu sinerginya harus dibangun. “Komunikasi dalam rangka membangun kesepahaman bersama sangat diperlukan. Hanya dengan demikian masyarakat yang adil dan sejahtera dapat terwujud,” kata Hasanuddin Mas’ud. []

Penulis: Fajar Hidayat
Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com