Turut Sinergi di Upacara HUT TNI

 

PARLEMENTARIA DPRD KALTIM Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah angkatan bersenjata ibu pertiwi yang telah berusia 77 tahun pada 5 Oktober 2022 ini. Di Hari Ulang Tahun (HUT)-nya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) turut ambil bagian dalam upacara, meskipun hujan deras tengah melanda.

Upacara digelar di Markas Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, Rabu (05/10/2022).Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mewakili koleganya untuk turut serta dalam hikmatnya upacara.

“Hari ini kita hadir di lapangan Kodam VI/Mulawarman dalam rangka peringatan HUT TNI. Selamat Ulang Tahun, atas nama pribadi dan lembaga DPRD Kaltim,” ujar Muhammad Samsun kepada awak media.

Politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) daerah pemilihan Kabupaten Kutai Kartanegara itu turut memberikan apresiasi atas peringatan HUT TNI. “Informasinya, baru kali ini disebar di seluruh Kodam, ini apresiasi yang luar biasa. Dengan begitu, masyarakat Kaltim bisa menyaksikan secara langsung,” terangnya.

Samsun mengatakan bahwa HUT TNI ke-77 bertemakan ‘TNI adalah Kita’. Maksudnya, TNI dan masyarakat adalah satu kesatuan. Hal itu berarti TNI adalah kita, dan kita ini adalah masyarakat. TNI berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat pula.

Oleh karena itu, Muhammad Samsun berharap agar TNI bisa menjadi panutan dan mengayomi rakyat. Lebih dari itu, TNI harus benar-benar berada di tengah-tengah masyarakat. “TNI menjadi kebanggaan masyarakat Kaltim. Semoga bisa menjaga persatuan dan kesatuan NKRI dari rongrongan para penganggu kedaulatan,” harapnya.

 

Samsun menuturkan bahwa selama ini TNI sudah menyatu dengan masyarakat, terbukti dengan banyaknya peran dan program TNI untuk masyarakat.

“Mereka berperan banyak. Selain menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia, red), mereka juga membantu masyarakat dari wabah Covid-19. Ke depannya, kita berharap agar TNI benar-benar melindungi segenap warga Indonesia khususnya Kaltim,” ujar Muhammad Samsun.

Disinggung terkait kolaborasi antara DPRD Kaltim dan TNI, Samsun menegaskan bahwa keduanya akan terus menjalin silaturahmi yang baik. Mengingat, TNI merupakan salah satu bagian dari forkopimda. “Kita bersama dengan Fforkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, red) akan terus membangun Kaltim yang lebih baik,” tegasnya.

Dalam upacara HUT TNI di Markas Kodam VI/Mulawarman, bertindak sebagai inspektur upacara Pangdam VI Mulawarman Tri Budi Utomo, diikuti ratusan peserta yang terdiri dari anggota TNI dari berbagai kesatuan Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, serta pelajar di Balikpapan.

Pangdam VI Mulawarman membacakan sambutan tertulis Panglima TNI Andika Perkasa. Dalam sambutan, Panglima TNI memberi motivasi dengan mengungkapkan saat ini organisasi tentara rakyat Indonesia itu memiliki tingkat kepercayaan tertinggi dari masyarakat.

“Berdasarkan hasil sejumlah lembaga survei, TNI mendapatkan nilai tertinggi. Kita harus bersyukur kepercayaan masyarakat sangat tinggi kepada TNI,” tulis Panglima TNI Andika Perkasa seperti dibacakan Pangdam VI Mulawarman Tri Budi Utomo. []

Penulis: Fajar Hidayat
Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com