Support Gubernur Untuk Pendidikan Kaltara

Gubernur gembira ber-selfie ria bersama para siswi SMA di Nunukan.

GUBERNUR Kalimantan utara (Kaltara), Drs H. Zainal A Paliwang SH, M.Hum, menghadiri sekaligus memimpin Apel pagi di halaman SMA Negeri 1 Nunukan, Selasa (11/10/2022).

Dalam sambutannya, Gubernur Zainal mengatakan, tujuannya menghadiri apel pagi ini, tak lain untuk menjalin silaturahmi dengan para guru, khususnya seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Nunukan.

“Saya sangat senang bisa hadir ditengah-tengah guru dan siswa sekalian. Tentu ini diharapkan dapat lebih memperetat tali silaturahmi di antara kita semua,” ujarnya.

Selain itu, Gubernur juga mengungkapkan rasa bangga dengan semangat belajar yang ditunjukkan siswa-siswi SMA Negeri 1 Nunukan.

“Saya sering mendengar prestasi-prestasi yang membanggakan dan mengharumkan yang diraih para pelajar SMA Negeri 1 Nunukan,” ungkapnya.

Ia juga berpesan, agar siswa-siswi menjauhi dan menghindari bahaya mengonsumsi obat-obatan terlarang khususnya Narkoba.

“Saya harap anak-anakku semua, para pelajar generasi bangsa untuk menjauhi narkoba, serta saling mengingatkan sesama pelajar untuk menghindari obat-obatan terlarang,” pintanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi kaltara, Jaini S.Hut.,M.P, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, H. Sudarsono, kepala sekolah serta seluruh guru dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Nunukan.

Apel pagi turut dirangkaikan dengan penampilan khusus, yakni atraksi permainan Marching Band oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Nunukan.

Ia menambahkan peran pendidik turut menjadi kunci membangun SDM yang unggul dan berkualitas.

Sebagai penghubung orang tua di sekolah, guru diharapkan mampu mengenalkan anak didik kepada berbagai sumber pembelajaran yang tidak hanya terbatas di dalam kelas saja. Menurutnya, banyak hal kecil yang dapat diajarkan untuk membangun pendidikan karakter.

Gubernur berharap dengan karakter yang kuat, para generasi muda Kaltara mempunyai bekal dalam menyongsong masa depan. Ia pun mengajak guru serta orang tua untuk terus mendorong pelaksanaan pendidikan akhlak dan budi pekerti di lingkungan sekolah maupun di rumah.

PENDIDIKAN KARAKTER

Sebelumnya, Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang juga memberikan dukungan bagi dunia pendidikan di Tarakan. Dukungan tersebut berkaitan dengan pemikiran tentang pentingnya pendidikan karakter di sekolah.

“Pendidikan karakter merupakan fondasi dari soft skill yang harus dimiliki dan harus dibangun terus menerus,” kata Gubernur Kaltara, Drs H. Zainal A Paliwang SH, M.hum dalam acara Silaturahmi Pendidikan bertemu guru dan siswa SMA, SMK dan SLB se-Kota Tarakan, Senin (9/10/2022) siang di halaman SMK Negeri 2 Tarakan, Karang Anyar Pantai, Tarakan Barat.

Arus modern saat ini, masyarakat digempur untuk hidup berdampingan dengan teknologi, menguasai dan memanfaatkan teknologi. Dari efek tersebut, bisa membuat seseorang cenderung ke faktor yang negatif ataupun ke faktor positif tergantung bagaimana memfilternya.

 

 

Guna menghadapi tantangan itu, Zainal menilai pentingnya pendidikan karakter untuk mempersiapkan segala kemungkinan sebagai akibatnya.

“Pendidikan karakter sangat diperlukan untuk membentengi generasi penerus bangsa (siswa-siswi) dari efek buruk kemajuan zaman. Bila cenderung ke negatif maka butuh batasan-batasan yang bisa menghindarkan diri dari faktor tersebut,” tuturnya.

Ia pun kembali mengingatkan akan pentingnya pendidikan karakter yang masuk dalam Nawacita dan diperkuat dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017, tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

“Kiranya, terdapat 18 nilai penguatan pendidikan karakter yang harus dapat berikan kepada para siswa. Yakni penguatan nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu dan semangat kebangsaan. Lalu cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab,” paparnya.

Ia juga menambahkan bahwa peran pendidik, dalam hal ini guru turut menjadi kunci membangun SDM yang unggul dan berkualitas.

Sebagai penghubung orang tua di sekolah, guru diharapkan mampu mengenalkan anak didik kepada berbagai sumber pembelajaran yang tidak hanya terbatas di dalam kelas saja. Menurutnya, banyak hal kecil yang dapat diajarkan untuk membangun pendidikan karakter.

Gubernur Zainal Paliwang berharap dengan karakter yang kuat, para generasi muda Kaltara mempunyai bekal dalam menyongsong masa depan. Ia pun mengajak guru serta orang tua untuk terus mendorong pelaksanaan pendidikan akhlak dan budi pekerti di lingkungan sekolah maupun di rumah.

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan agenda kedua, setelah sebelumnya pendidikan karakter juga dilakukan di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan pada akhir bulan September lalu. Hal ini dalam rangka Penguatan Pembinaan Karakter bagi Guru dan Siswa jenjang SMA, SMK dan SLB di wilayah Kaltara.

PAMERAN

Di sela-sela kesibukan menjadi orang nomor satu di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Gubernur Kaltara, Drs H. Zainal A Paliwang SH, M.Hum menyempatkan hadir dalam acara silaturahmi bersama dengan para guru dan siswa SMA, SMK, dan SLB se-Kota Tarakan.

Tiba di lokasi acara, di halaman SMK Negeri 2 Tarakan, Senin (10/10/2022) siang, Gubernur yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, Teguh Henri Sutanto, terlebih dahulu berkeliling mengunjungi stand pameran mini yang menampilkan beragam hasil produk kreativitas siswa-siswi SMA, SMK dan SLB se-Kota Tarakan.

Gubernur bahkan ikut membatik melakukan teknik “Cires” atau Ciprat dan Gores di stan milik SLB Negeri Tarakan.

Gubernur sangat takjub dan mengapresiasi dengan beragam hasil karya pelajar tingkat atas di Kota Tarakan. Ia pun berharap dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Guna memperluas jangkauan pasar produk UMKM, Gubernur Kaltara juga akan membantu dengan segera meluncurkan aplikasi memasarkan hasil produk UMKM Kaltara. Termasuk produk-produk kreativitas yang dihasilkan siswa-siswi SMA, SMK dan SLB di wilayah Kaltara.

Bahkan, sebagai bentuk dukungannya terhadap produk-produk UMKM Kaltara, Ia mengajak seluruh pegawai Pemprov untuk turut mendukung dengan menjadi pembeli produk-produk kreativitas UMKM Kaltara. [] ANT-KU

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa