Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud (kanan) tengah berbincang dengan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi di sela-sela acara Gala Dinner bertajuk Bebaya Etam Tegoh.

Mencegah Bencana Dengan Kebersamaan, Bebaya Etam Tegoh

Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud (kanan) tengah berbincang dengan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi di sela-sela acara Gala Dinner bertajuk Bebaya Etam Tegoh.

 

PARLEMENTARIA DPRD KALTIM – Gala dinner bertajuk Bebaya Etam Tegoh atau bersama kita teguh dalam rangkaian peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Nasional 2022 mendapatkan apresiasi dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Hasanuddin Mas’ud. Ia menyebut, bencana dapat dicegah dengan kebersamaan.

“Artinya, setiap persoalan yang ada, jika dihadapi bersama-sama pasti bisa dan mampu menyelesaikan dengan baik,” tuturnya. Ini sangat pentingnya, sebelum terjadi ya dicegah duluan, bukan hanya pemerintah, tetapi semua pihak bersinergi, bersama-sama memperhatikan lingkungan kita, baik masyarakat maupun aktivis,” papar Hasanuddin Mas’ud kepada awak media, di sela-sela acara.

Gala dinner itu digelar di Hotel Grand Jatra Balikpapan, Kamis (13/10/2022) malam. Hadir dalam gala dinner Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Surhayanto, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Staf Ahli Komando Daerah Militer (Kodam) IV Mulawarman Bidang Ekonomi Subandi, Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kaltim Agus Hari Kesuma, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Munawwar, serta pejabat lain di lingkungan pemerintahan kabupaten dan kota.

Peringatan ini bertujuan memberi pemahaman kepada aktivis, pegiat, maupun masyarakat terkait pentingnya peran pencegahan kebencanaan. Hasanuddin Mas’ud menyampaikan ucapan selamat atas terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Bulan PRB 2022. “Saya ucapkan selamat dan sukses, semoga bulan peringatan PRB ini dapat menjadi masukan dan pemahaman kepada semua pihak terkait pentingnya peran dalam pencegahan bencana,” papar Hasanuddin Mas’ud.

Terdapat banyak kegiatan dalam rangkaian peringatan PRB di Kaltim, selain gala dinner ada penanaman pohon sebanyak 770 bibit di Perumahan Daksa Balikpapan, simulasi kebencanaan, dan agenda penutupan yang dirangkai dengan launching aplikasi InaRISK 5.0. Perangkat lunak tersebut memuat data bencana di sekitar, sekali klik mampu mengetahui potensi bencana di wilayah sendiri. []

Penulis: Fajar Hidayat
Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com