Rawan Longsor, Sungai di Sei Uluk Diturap Bertahap

 

KAPUAS HULU – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sabtu (15/10/2022), meninjau pembangunan penahanan tebing Sungai Kapuas di Desa Sei Uluk Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Penahanan tebing sepanjang 500 meter tersebut sebagai upaya pemerintah untuk mengatasi tanah longsor untuk menyelamatkan akses jalan dan fasilitas umum dari tanah longsor atau abrasi.

“Kalau tidak ditangani cepat akses jalan putus, sehingga dibangun penahanan tebing yang saat ini sedang dikerjakan, saya yakin ini aman bisa selesai sesuai kontrak,” kata Lasarus, di lokasi pembangunan penahanan tebing Desa Sei Uluk, di wilayah Kapuas Hulu.

Disampaikan Lasarus, pembangunan penahanan tebing tersebut sudah beberapa kali dikerjakan dengan berbagai metode, karena memang tanah di bibir sungai Kapuas itu sangat labil.

Saat ini sedang dipasang tiang pancang penguat tebing, sehingga air yang menghantam tebing tidak menghantam tanah yang mengakibatkan tanah longsor.

Sebelumnya longsor sempat mengenai badan jalan dan akses jalan terputus, namun sudah teratasi dan proses pembangunan penahanan tebing masih sedang berjalan,” jelasnya.

Dia mengakui di wilayah Kapuas Hulu ada beberapa titik daerah rawan longsor atau abrasi terutama di sekitar kawasan pemukiman penduduk dan fasilitas umum, sehingga ke depannya akan menjadi perhatian secara bertahap.

“Setelah penahanan tebing di Sei Uluk ini selesai, kita juga akan perhatikan sejumlah titik yang rawan, kita akan bangun bertahap,” kata Lasarus. [] ANT-KB

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa