Kadispora Aji Ali Husni (nomor dua dari kiri), berpose didampingi bawahan, tenaga ahli, dan peserta E-Camp. Kegiatan season pertama ini digelar selama lima hari, tiga hari di Tenggarong, dan dua hari di Balikpapan.

Akan Ada Entrepeneur Camp Season Kedua

Kadispora Aji Ali Husni (nomor dua dari kiri), berpose didampingi bawahan, tenaga ahli, dan peserta E-Camp. Kegiatan season pertama ini digelar selama lima hari, tiga hari di Tenggarong, dan dua hari di Balikpapan.

 

ADVETORIAL DISPORA KUKAR –  Entrepeneur Camp (E-Camp) yang diselenggarakan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Klinik Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM), dari Senin (17/10/2022) hingga hingga Jumat (21/10/2022), ternyata menjadi babak pertama, mengawali pembinaan pengusaha muda di tahun 2022 ini. Ke depannya akan ada season kedua.

Hal itu disampaikan Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni melalui Kepala Bidang Kewirausahaan Pemuda dan Kepramukaan, Dery Wardhana. Di hari pertama kegiatan E-Camp, Dery Wardhana, mengemukakan, ke depannya E-Camp akan diselenggarakan lebih luas lagi. Tanggung jawab pengelolanya, nanti akan diberikan kepada alumni E-Camp season pertama.

“Ke depannya mungkin lebih luas lagi. Rencananya akan mengadakan Entrepreneur Camp season dua. Pengelolaannya, harapan kami, teman-teman ini lah (peserta e-Camp season pertama, red) yang akan menjadi leader-nya. Mereka sudah diberi pembekalan dan sebagainya,” papar Dery.

Teknisnya, karena 20 peserta E-Camp saat ini berasal dari berbagai kecamatan di Kukar, maka masing-masing dari mereka akan menjadi leader di kecamatan masing-masing dan mencari pemuda yang memang bisa dan mau untuk berwirausaha.

“Mereka akan jadi leader di lapangan dan yang akan menyelenggarakan Entreprener Camp season dua. Ini akan berkelanjutan,” tuturnya..

Para wirausahawan muda binaan Klinik WPM, lanjut Dery, nantinya juga akan dilibatkan dalam berbagai ajang pameran, seperti kegiatan bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangkaian kegiatan jambore pemuda se-Kalimantan Timur yang akan dilaksanakan di Stadion Aji Imbut.

“Pesan pimpinan kami, setiap apa pun kegiatan yang kami lakukan, paling tidak harus melibatkan teman-teman UMKM, supaya bisa berbagi. Karena (jambore pemuda, red), yang datang dari setiap kabupaten kota. Informasinya, lumayan banyak, sampai 10 orang setiap kabupaten kota. Belum lagi tuan rumah. Mungkin ada sekitar 100 orang lebih,” papar Dery.

Kegiatan E-Camp, kata dia, sepenuhnya dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten. “Ilmunya diberikan secara gratis oleh pemerintah daerah. Pembinaannya bertahap, by step mulai dari nol, sampai tahap akhir,” pungkas Dery.

Pada E-Camp season pertama ini, diikuti 20 orang pengusaha muda sebagai peserta, mereka berasal dari enam kecamatan, yakni Tenggarong, Samboja, Muara Badak, Kota Bangun, Loa Janan, dan Loa Kulu. Meski kegiatan telah dimulai sejak Senin pagi, namun seremonial pembukaannya dilaksanakan Senin sore. Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni membuka secara langsung kegiatan tersebut. []

Penulis: Tusiman
Editor: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com