Camat Loa Kulu
H Ardiansyah, Camat Loa Kulu

Koordinasi Kades Harus Terus Dilakukan

KUTAI KARTANEGARA – Ada 86 kepala desa (kades) masa bakti 2022-2028 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang baru dilantik pada Kamis (27/10/2022), di antaranya merupakan kepala desa baru.

Untuk memperlancar kerja pemerintahannya, baik kades yang baru dilantik maupun kades yang kembali dilantik untuk menjabat di periode kedua atau ketiga, harus banyak melakukan koordinasi dengan kecamatan dan kabupaten.

Hal itu disampaikan Camat Loa Kulu, H Adriansyah, mewakili camat lain yang hadir di acara pelantikan di Gedung Putri Karang Melenu, Tenggarong Seberang.

Camat Loa Kulu
H Ardiansyah, Camat Loa Kulu

 

Menurut alumni Fakultas Hukum Universitas Kutai Kartanegara ini, kesuksesan pembangunan di desa itu adalah kerja bersama, sehingga semua kades harus terus berkoordinasi.

“Kerja kita bersama untuk pembangunan di Kabupaten Kutai Kartanegara, dan koordinasi tingkat kecamatan dan kabupaten harus terus dilakukan,” ujar camat yang bertugas membina 15 desa ini.

Menurut dia, pola koordinasi kepala desa itu tidak terlepas dari pada peran camat sebagai pembina dan tim verifikasi, terutama dalam pengelolaan sumber dana dari pemerintah dan pemerintah daerah, seperti Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

Ia juga berpesan agar kades dapat memimpin dengan amanah, hingga bisa mengayomi masyarakat. Selain itu, kades juga diharapkan dapat menjadi kepanjangan tangan pemerintah daerah, terutama dalam menyukseskan Program Kukar Idaman.

Dalam pesta demokrasi pemilihan kepala desa serentak, kata dia, pemerintah kecamatan juga berperan dalam mengantarkan kegiatan itu sehingga dapat berjalan sukses. Demikian pula dengan Pemerintah Kabupaten atas arahan Bupati Kukar Edi Damansyah.

“Alhamdulillah akhirnya sudah terwujud pesta demokrasi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Hari ini kepala desa terpilih dilantik oleh Pak Bupati di Gedung PKM. Saya mewakili 18 Kecamatan, berterima kasih kepada Bapak Bupati Kutai Kartanegara,” kata pria yang akrab disapa H Oyen ini.

Yang juga membagakan dalam pesta demokrasi pilkades tahun ini, lanjut dia, adalah adanya kepala desa perempuan yang terpilih, salah satunya berasal dari Kecamatan Loa Kulu, yakni Masnur dari Desa Jembayan Tengah.

Selain Masnur, ada enam kades lain di Kecamatan Loa Kulu yang baru dilantik. Mereka adalah Jumari, Kades Jonggon Desa, Rusdi Kades Margahayu, Arbaen Kades Sungai Payang, Rusmiadi Kades Jembayan Dalam, dan Erwin Kades Jembayan yang pada periode sebelumnya memegang posisi pengganti jabatan (Pj) Kades. []

Reporter: Tusiman
Editor: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com