Sosbang, Baharuddin Demmu ke Tanjung Limau

 

KUTAI KARTANEGARA – Dalam agenda Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) Oktober ini, Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Baharuddin Demmu melaksanakan kegiatan itu di lapangan voli Dusun Citra, Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Acara sosbang kali ini digelar Sabtu (29/10/2022). Baharuddin Demmu yang hadir menjadi Narasumber, berharap agar masyarakat tidak hanya menghafal, tapi menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Sosbang ini menjelaskan agar masyarakat benar-benar memahami secara utuh empat pilar wawasan kebangsaan Indonesia,” ungkap anggota dewan dari daerah pemilihan Kabupaten Kutai Kartanegara ini.

Dijelaskan Baharuddin Demmu, empat pilar itu adalah Pancasila, Undang – Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Wawasan kebangsaan. “Ini penting disosialisasikan kepada masyarakat sampai ke desa-desa yang akhirnya bertujuan untuk menjaga kesatuan dan persatuan kita, di tengah kemajemukan bangsa kita,” papar pria kelahiran Soppeng, 05 April 1972 ini.

 

Baharuddin Demmu memberikan satu contoh kasus yang terjadi di masyarakat, pemahaman yang berbeda dalam wawasan kebangsaan membuat hubungan rumah tangga bermasalah, hingga bahkan masuk ke meja petugas polisi.

“Ternyata ada warga yang masih belum menerima Pancasila sampai merusak hubungan rumah tangganya. Akibatnya suami istri ini memiliki pemahaman wawasan kebangsaan berbeda, hingga masuk di laporan Polisi, ini menjadi pelajaran dan tantangan kita bagaimana memberikan pemahaman yang baik,” ujar politisi senior dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Ditambahkan Baharuddin Demmu, sebagai wakil rakyat, dalam menjalankan tugas dan memperjuangkan aspirasi pihaknya selalu berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila. “Saya berharap kepada kita semua agar tidak hanya menghafal, tapi menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari kita,” kata Baharuddin Demmu.

Dalam acara Sosbang itu, hadir juga Seksi Umum (sium) Kepolisian Sektor (Polsek) Muara Badak Abdul Kohar selaku narasumber. Sosbang diikuti kurang lebih seratus orang dari unsurk tokoh agama, tokoh Masyarakat, dan pemuda mudi di Dusun Citra. []

Reporter: Guntur Riyadi
Editor: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com