Seno Aji (kiri) mengalungkan nametage peserta workshop pelatihan teknologi tepat gunan serai wangi.

Masyarakat di Sekitar IKN Perlu Penguatan Ekonomi

Seno Aji mengalungkan nametage peserta workshop teknologi tepat guna berupa pelatihan membatik dengan serai wangi.

 

PARLEMENTARIAN DPRD KALTIM – Upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMPD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mendapat dukungan penuh dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Seno Aji.

Menurut dia, sumber daya manusia, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan harus mendapatkan perhatian serius dan jangan sampai nasib mereka malah tertinggal.

Seno Aji

“Sebagai wakil rakyat tentu sangat mendukung program pro rakyat. Bagaimana bisa benar-benar menyentuh langsung ke masyarakat,” ujar Seno Aji saat menghadiri pembukaan workshop Teknologi Tepat Guna (TTG) Pelatihan Membatik dan Pemanfaatan Serai Wangi, di Tenggarong, Ahad (30/10/2022).

Terlebih, lanjut Seno Aji, dalam menyongsong pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Penajam Paser Utara, Kaltim. Harapannya masyarakat tidak hanya menjadi penonton, melainkan mampu mengambil peran dalam persiapan pemindahan IKN Nusantara.

“Terkait persiapan menyongsong pindahnya IKN Nusantara, tahun depan diperkirakan ada pendatang antara 200 ribu hingga 300 ribu jiwa, kemudian pada 2024 akan ada sekitar 400 ribu jiwa lagi yang datang,” jelasnya.

Menurut dia, banyaknya pertambahan penduduk ini tentu masyarakat di sekitar IKN Nusantara perlu penguatan ekonomi, sehingga keterampilan warga juga perlu ditingkatkan. Salah satunya melalui pelatihan membatik dan berbagai pelatihan yang digagas oleh DPMPD Kaltim dan lembaga lain.

“Sebagai daerah yang mendekati IKN, maka kita harus mampu bersaing dengan para pengusaha, pedagang dan pendatang di tahun depan,” ujar politisi dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) asal daerah pemilihan Kabupaten Kutai Kartanegara ini.

“Silahkan DPMPD menyampaikan usulan kembali apa saja yang dibutuhkan. Kita akan dukung. Terlebih kegiatan yang menyentuh semua lapisan dan kalangan masyarakat, seperti workshop yang melibatkan masyarakat difabel dan disabilitas ini,” tegas Seno Aji.

Workshop TTG sendiri merupakan kegiatan yang sisi anggarannya didukung sepenuhnya DPRD Kaltim melalui  pokok-pokok pikiran (pokir) Seno Aji sebagai wakil rakyat di DPRD Kaltim.

Untuk Tahun Anggaran 2022, DPMPD Kaltim menyelenggarakan workshop dengan berbagai keterampilan keahlian bagi Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) dan kelompok masyarakat di tiga kabupaten dan kota, yakni Samarinda, Kutai Kartanegara, dan Balikpapan. []

Penulis : Fajar Hidayat
Penyunting : Agus Pujo Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com