Setelah Dilantik Fokus Menata Arsip

ADVETORIAL DISPORA KUKAR – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi perangkat daerah yang pertama menyerahkan 402 berkas arsip keuangan inaktif ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diksarpus) Kukar setelah beberapa tahun belakangan dilakukan penggalakkan program penataan arsip daerah.

Penyerahan arsip inaktif tersebut dipimpin langsung Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni didampingi staf di Kantor Diksarpus Kukar, Jalan Panji, Tenggarong, Senin (31/10/2022) sore. Kepala Diksarpus Kukar, Aji Lina Rodiah beserta staf menyambut baik penyerahan arsip inaktif itu dan melakukan pemeriksaan.

 

Menjadi perangkat daerah pertama yang menyerahkan arsip keuangan inaktif ke Diksarpus, merupakan sebuah prestasi yang tidak bisa diraih dengan gampang, perlu komitmen dan konsentrasi tinggi. Untuk itu, Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni, menjadikan penataan arsip sebagai prioritas kerja, setelah dirinya resmi dilantik sebagai kepala dinas pada 28 Maret 2022 lalu.

“Hari Pertama saya langsung fokus untuk melakukan penataan kearsipan yang baik. Target utama saya adalah tentang arsip karena menata arsip perlu waktu yang lama, penuh konsentrasi tinggi,” ujar Aji Ali Husni saat diwawancara awak media

Menata arsip, lanjut Aji Ali Husni, tidak hanya sekedar membuka berkas dan memilah, tetapi juga memeriksa dan memilah dengan baik, termasuk berdasarkan jenisnya dan berkas yang rusak. “Kami berusaha semaksimal mungkin melengkapi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang kearsipan,” ungkap Aji Ali Husni.

Menurut dia, penataan arsip tidak dapat ditunda, apalagi diabaikan, apalagi arsip tersebut berkenaan dengan catatan-catatan besar kinerja perangkat daerah. “Kan tidak boleh kita abaikan, maka kami tidak mau menunda-nunda pekerjaan, segala sesuatu yang menjadi catatan-catatan besar kita, kita segera selesaikan,” tutur Kepala Dispora Kukar.

Pekerjaan yang tidak boleh ditunda itu, lanjut dia, adalah kearsipan. Untuk itu ia berkomitmen menyempurnakan pengelolaan arsip di dinasnya. “Saya sampaikan ke staf-staf untuk fokus dan tetap memperhatikan kearsipan,” ujarnya.

Setelah melalui berbagai kesulitan, lanjut dia, akhirnya bisa menyelesaikan permasalahan dengan selaku berkoordinasi dengan pihak Diksarpus. “Alhamdulillah hari ini kami bisa lakukan (penyerahan arsip, red) meskipun tadi ada yang harus dicek ulang untuk kelengkapan arsipnya. Kami akan berupaya untuk maksimal dalam mengelola arsip,” papar Aji Ali Husni.

Kepala dispora Kukar, Aji Ali Husni (dua dari kanan) tampak langsung memimpin penyerahan arsip inaktif ke Diksarpus Kukar. Kepala Diksarpus Kukar Aji Lina Rodiah (paling kanan), hadir menyambut dan memberikan apresiasi.

 

Diungkapkannya, Dispora merupakan perangkat daerah yang cukup strategis, sehingga pengelolaan arsip secara baik sangat diperlukan. “Arsip-arsip penting menyangkut kegiatan-kegiatan, fasilitas-fasilitas olahraga yang cukup besar, yang perlu penataan kearsipan yang lebih baik,” kata Aji Ali Husni.

Ia menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus berbenah dalam mengelola arsip yang baik. Baik dari segi penganggaran dan fasilitas penunjang pengelolaan arsip terus disiapkan. “Kami belum sempurna, tetapi kami terus berbenah mengelola arsip yang baik,” pungkasnya. []

Reporter: Tusiman
Editor: Hadi Purnomo

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa